KAJIAN MECHANICAL FAILURE PADA ELECTRICAL SUBMERSIBLE PUMP PERTAMINA HULU ROKAN DI LAPANGAN B PADA SUMUR D MELALUI PENDEKATAN DISMANTLE, INSPECTION, FAILURE, ANALYSIS (DIFA)

2102311077, Muhammad Ikhsan Harist (2024) KAJIAN MECHANICAL FAILURE PADA ELECTRICAL SUBMERSIBLE PUMP PERTAMINA HULU ROKAN DI LAPANGAN B PADA SUMUR D MELALUI PENDEKATAN DISMANTLE, INSPECTION, FAILURE, ANALYSIS (DIFA). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 dan 5.pdf] Text
Bab 1 dan 5.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 sd Bab 4.pdf] Text
Bab 2 sd Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang penting dalam mendukung kehidupan sehari-hari dan ekonomi global. Sebagai sumber energi utama, minyak digunakan dalam berbagai industri, termasuk transportasi, manufaktur, dan petrokimia. Artificial Lift merupakan metode yang umum digunakan untuk meningkatkan produksi sumur minyak dan gas. Salah satu teknologi yang sering digunakan dalam Artificial Lift adalah Electrical Submersible Pump (ESP). Pompa ESP bekerja dengan menempatkan pompa di dalam sumur dan mendorong fluida produksi ke permukaan menggunakan motor listrik sebagai penggerak. Perawatan teratur pada ESP menjadi krusial untuk memastikan kinerja optimal dan umur pakai yang panjang. Menekankan pentingnya perawatan dalam menjaga kelancaran operasional dan efisiensi produksi. Penilitian ini bertujuan untuk mencari tahu penyebab akar permasalahan dari kerusakan pada pompa ESP. Analisa pompa ESP di lapangan B pada sumur D melalui pendekatan Dismantle, inspection, Failure, Analysis (DIFA). Hasil analisis diketahui bahwa kerusakan mekanis dikarenakan overload yang menyebabkan downthrust, sehingga beberapa komponen pada pompa ESP tersebut rusak. Gas separator dan pompa adalah bagian yang rusak dikarenakan downthrust tersebut. Stages pada pompa tersangkut pada housing dan 2 stages terbawah rusak.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 550 Ilmu bumi dan geologi > 551 Geologi, hidrologi, meteorologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Mahasiswa Ikhsan Harist Muhammad
Date Deposited: 13 Sep 2024 01:47
Last Modified: 13 Sep 2024 01:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item
View Item