Pengaruh Modifikasi Disk Brake Terhadap Pelepasan Panas Pada Disk Brake Motor Vario CBS 125

2102317010, Muhammad Ardiansyah Sugianto (2024) Pengaruh Modifikasi Disk Brake Terhadap Pelepasan Panas Pada Disk Brake Motor Vario CBS 125. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, BAB I, BAB V] Text (Judul, BAB I, BAB V)
BAB I+V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II - BAB IV] Text (BAB II - BAB IV)
BAB II - IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Sistem rem merupakan suatu mekanisme kerjanya dapat dirancang untuk menghentikan dan mengurangi laju kendaraan. Sistem ini berfungsi sebagai alat keselamatan berkendara. Secara umum sistem pengereman pada sepeda motor ada 2 jenis yaitu rem cakram dan rem tromol. Rem cakram pada umumnya memiliki 3 komponen utama yaitu disk pad, disk brake dan Caliper. Disk brake merupakan sebuah komponen sangat penting dalam proses pengereman. Untuk metode penelitian, siapkan kendaraan, bahan, dan track jalanan, sebelum melakukan pengujian, lakukan pengecekan suhu menggunakan thermogun, lakukan pengujian dengan berkendara dalam kecepatan 50 km dengan jarak tempuh 2km dan tarik tuas rem depan hingga berhenti, lalu ukur kembali menggunakan thermogun dan untuk waktu pelepasan panas setelah posisi berhenti lalu menggunakan stopwatch. Disk brake modifikasi dengan tambahan fitur baru berupa gelombang pada pinggirannya, mampu melepaskan panas yang berlebih pada disk brake dan jauh lebih pakem dibanding disk pabrikan. Pada temperatur awal menunjukkan suhu 27,5 °C sedangkan temperatur akhir menunjukkan suhu rata-rata 33,54 °C dan unuk waktu pelepasan panas menunjukkan rata-ratanya 5,04 menit.

Kata kunci: Pelepasan panas, disk brake dan sistem rem

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Kata Kunci Uncontrolled: Pelepasan panas, disk brake dan sistem rem
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Muhammad Ardiansyah Sugianto
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:59
Last Modified: 12 Sep 2024 08:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21858

Actions (login required)

View Item
View Item