RANCANG BANGUN SPRINKLER IRRIGATION SYSTEM PADA TAMAN DI LINGKUNGAN PNJ MENGGUNAKAN LORA BERBASIS ANDROID

2103332074, Qinthara Fasya Rakhman (2024) RANCANG BANGUN SPRINKLER IRRIGATION SYSTEM PADA TAMAN DI LINGKUNGAN PNJ MENGGUNAKAN LORA BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, Indonesia sebagai negara berkembang perlu mengadopsi inovasi terkini untuk meningkatkan kualitas hidup. Di perkotaan, keberadaan ruang terbuka hijau seperti taman menjadi vital dalam menyediakan oksigen, terutama di daerah padat penduduk. Sistem penyiraman otomatis seperti sprinkler menjadi solusi efektif untuk menjaga kesuburan taman- taman ini, terutama saat cuaca tidak mendukung atau tanah membutuhkan air. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), yang terletak di Kota Depok, memiliki banyak taman di sekitar gedung-gedung perkuliahannya, yang memerlukan penyiraman optimal. Untuk meningkatkan efisiensi, dikembangkan sebuah aplikasi Android untuk memonitoring sistem irigasi sprinkler pada taman-taman di lingkungan PNJ, yang menampilkan data secara realtime dari Firebase Realtime Database. Integrasi dengan Firebase memastikan monitoring berjalan sinkron dan realtime, dengan pengujian performa jaringan seluler menunjukkan hasil memadai pada nilai RSRP -89 dBm, RSRQ -12 dB, dan RSNNR -0.0 dB. Pengujian Quality of Service (QoS) mengindikasikan performa baik dalam jarak 15 meter.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Qinthara Fasya Rakhman
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:36
Last Modified: 03 Sep 2024 06:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21855

Actions (login required)

View Item
View Item