Studi Kasus Penyebab Penurunan Tekanan Pada Seal Air Fan 1B Di Diverter Damper Unit HRSG 1 PT. Krakatau Chandra Energi

2102311028, Andhika Syah Putra (2024) Studi Kasus Penyebab Penurunan Tekanan Pada Seal Air Fan 1B Di Diverter Damper Unit HRSG 1 PT. Krakatau Chandra Energi. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas, BAB 1 dan BAB 5] Text (Halaman Identitas, BAB 1 dan BAB 5)
TUGAS AKHIR Andhika Syah Putra Bagian 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi, BAB 2 s/d BAB 4] Text (Isi, BAB 2 s/d BAB 4)
TUGAS AKHIR Andhika Syah Putra Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Penurunan tekanan pada Seal Air Fan di Diverter Damper unit Heat Recovery Steam Generator (HRSG) merupakan masalah operasional yang dapat mengganggu proses produksi uap pada unit Heat Recovery Steam Generator (HRSG). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab utama penurunan tekanan pada Seal Air Fan di Diverter Damper unit HRSG serta memberikan rekomendasi untuk pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian komponen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Root Cause Analysis (RCA) kemudian dianalisis dengan diagram fishbone. Hasil analisis menunjukkan bahwa penurunan tekanan disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pada penutup casing fan yang tidak rapat sehingga menyebabkan udara yang masuk tidak maksimal serta pada komponen motor valve. Pada motor valve ini jenis valve nya adalah butterfly valve. Butterfly valve pada motor valve ini sudah korosi dan seal nya sudah getas sehingga menyebabkan kebocoran udara. Dari hasil analisis ini, diusulkan beberapa rekomendasi seperti menetapkan jadwal inspeksi dan perawatan rutin untuk mendeteksi dan memperbaiki kerusakan sebelum menyebabkan masalah yang lebih besar pada Seal Air Fan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Andhika Syah Putra
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:08
Last Modified: 13 Sep 2024 08:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21845

Actions (login required)

View Item
View Item