Rancang Bangun Smart Bike Parking Station Menggunakan RFID Berbasis IoT

2103332056, Rivaldi Adi Sofian (2024) Rancang Bangun Smart Bike Parking Station Menggunakan RFID Berbasis IoT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi (Bab 2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Smart Bike Parking Station ini dirancang untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan parkir sepeda di kampus sekaligus mendukung inisiatif lingkungan yang berkelanjutan. Sistem ini mengadopsi teknologi RFID untuk kontrol akses, memastikan hanya sepeda yang telah terdaftar yang dapat masuk dan keluar dari area parkir. Dengan aplikasi Android, pengguna dapat memantau jumlah slot parkir secara real-time dan menerima notifikasi otomatis jika terdeteksi upaya pencurian. Sistem keamanan diperkuat dengan penggunaan buzzer yang akan berbunyi saat mendeteksi aktivitas mencurigakan. Teknologi ini memanfaatkan integrasi IoT dengan Google Firebase untuk manajemen data dan dikendalikan oleh mikrokontroler ESP32 yang mengoperasikan berbagai perangkat keras seperti sensor getaran, motor driver, LED, dan LCD. Hasil uji coba menunjukkan efektivitas sistem dalam mencegah pencurian sepeda melalui notifikasi dan alarm yang responsif, dengan tingkat keberhasilan 100% dalam pengujian RFID, Sensor Getaran SW-420, dan Linear Actuator. Penerapan Smart Bike Parking Station berbasis RFID dan IoT ini terbukti meningkatkan efisiensi dan keamanan parkir sepeda, serta berkontribusi pada lingkungan kampus yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: D3 Rivaldi Adi Sofian
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:21
Last Modified: 03 Sep 2024 06:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21807

Actions (login required)

View Item
View Item