RANCANG BANGUN PEMURNINAN AIR LAUT MENJADI AIR BERSIH BERBASIS ANDROID

2103332063, Al Tharul Baqtiya (2024) RANCANG BANGUN PEMURNINAN AIR LAUT MENJADI AIR BERSIH BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS.pdf] Text
HALAMAN IDENTITAS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI.pdf] Text
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Kekurangan air bersih merupakan masalah yang serius di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, terutama yang bergantung pada sumber air tawar yang terbatas dan seringkali terkontaminasi. Pemurnian air laut menjadi air bersih menjadi salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pemurnian air laut yang menggunakan komponen utama seperti mikrokontroler ESP32 dan berbagai sensor, termasuk sensor pH, sensor salinitas, sensor turbiditas, dan sensor HC-SR04. Sistem ini menggunakan metode filtrasi yang terdiri dari beberapa tahap, termasuk pre-filtrasi, filtrasi karbon aktif, dan reverse osmosis. Mikrokontroler ESP32 bertugas mengendalikan proses filtrasi dan memantau kualitas air secara real-time. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini mampu menghasilkan air bersih dengan nilai rata-rata pH 5,76, kadar garam 326,86 PPM, dan kekeruhan 25,33 NTU, yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Hasil pengukuran kualitas air ini ditampilkan pada LCD I2C.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Al Tharul Baqtiya
Date Deposited: 02 Sep 2024 14:39
Last Modified: 02 Sep 2024 14:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21773

Actions (login required)

View Item
View Item