Pengaruh Environmental, Social, Governance Disclosure, dan Financial Performance Terhadap Return Saham Pada Perusahaan yang Terdaftar di IDX ESG Leaders (Periode 2020-2023)

Nuranisa, Suci (2024) Pengaruh Environmental, Social, Governance Disclosure, dan Financial Performance Terhadap Return Saham Pada Perusahaan yang Terdaftar di IDX ESG Leaders (Periode 2020-2023). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Suci Nuranisa - Skripsi - Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II - Bab IV] Text (Bab II - Bab IV)
Suci Nuranisa - Skripsi - Bab II - IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (747kB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
B - Artikel Ilmiah - Suci Nuranisa.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (480kB) | Request a copy

Abstrak

Konsep investasi berbasis Environmental, Social, dan Governance (ESG) sedang menjadi tren dalam dunia pasar modal saat ini. Indeks ESG diperkenalkan untuk mengukur kinerja sustainability report perusahaan. Penelitian ini diperkenalkan untuk mengukur pengaruh kinerja keuangan dan skor ESG terhadap return saham. Penelitian ini menggunakan data dari perusahaan yang tercatat di BEI pada indeks IDX ESG Leaders periode 2020-2023. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari indikator keuangan, variabel yang berasal dari skor ESG untuk mengukur indeks ESG, dan ROA serta ROE untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan software Eviews 9. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan data sebanyak 13 perusahaan dengan periode 4 tahun yang secara konsisten terdaftar di indeks IDX ESG Leaders. Hasil dari penelitian ini yaitu environmental disclosure, governance disclosure, dan financial performance dengan indikator ROE berpengaruh positif terhadap return saham. Namun, social disclosure dan financial performance dengan indikator ROA tidak berpengaruh terhadap return saham.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Kata Kunci Uncontrolled: ESG, ESG Disclosure, Financial Performance, Return Saham
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: SUCI NURANISA
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:17
Last Modified: 03 Sep 2024 02:17
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21769

Actions (login required)

View Item
View Item