Rancang Bangun Sistem Pemantau dan Pengendali Kondisi Kumbung Jamur Menggunakan Modul 4G Berbasis Android

2103332059, Fabriasa Maulana Akmal (2024) Rancang Bangun Sistem Pemantau dan Pengendali Kondisi Kumbung Jamur Menggunakan Modul 4G Berbasis Android. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf] Text
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf] Text
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (948kB)

Abstrak

Jamur tiram merupakan jamur konsumsi yang bernilai gizi tinggi. Pada habitat aslinya, jamur ini banyak dibudidaya khususnya di daerah dataran tinggi yang beriklim sejuk. Suhu normal pada kumbung jamur tiram yaitu berkisar di rentang suhu 26°C - 29°C dan kelembapan 80 - 90%. Untuk memudahkan pembudidayaan jamur tiram, maka dirancang sistem monitoring dan controlling suhu dan kelembapan pada kumbung jamur tiram. Komponen yang digunakan sistem ini yaitu ESP32S3, sensor suhu dan kelembapan BME280, dan relay. Dengan sistem kontrol otomatis diberbagai kondisi contoh apabila suhu yang terukur >29°C dan kelembapan <80% maka lampu akan mati sedangkan kipas, Pompa, sprayer atas dan sprayer bawah akan menyala. Rata-rata suhu dan kelembapan pada pengkondisian ruangan yang didapatkan yaitu 29.22ºC dan 72.73%. Sistem kontrol dapat dilakukan secara otomatis dan manual melalui aplikasi “MY SHROOM”. Data tersebut akan dikirimkan oleh sistem mikrokontroler yang terhubung ke internet melalui Modul 4G LTE SIM7600, dan akan disimpan pada Firebase. Kemudian dari Firebase, pengguna dapat melihat data hasil pengukuran mikrokontroler melalui Aplikasi Android secara realtime.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Fabriasa Maulana Akmal
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:47
Last Modified: 02 Sep 2024 06:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21685

Actions (login required)

View Item
View Item