PEMBUATAN ASET ANIMASI 3D VIRTUAL REALITY “PEMILAHAN SAMPAH” UNTUK SD KHALIFAH MENGGUNAKAN BLENDER

2007431032, Sadam Maulana (2024) PEMBUATAN ASET ANIMASI 3D VIRTUAL REALITY “PEMILAHAN SAMPAH” UNTUK SD KHALIFAH MENGGUNAKAN BLENDER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skrips(Judul, Pendahuluan, Penutup)] Text (Identitas Skrips(Judul, Pendahuluan, Penutup))
Laporan Skripsi Sadam Maulana_Identitas Skripsi.pdf

Download (18MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Perencanaan dan Realisasi, Bab 4 Hasil dan Pembahasan)] Text (Isi (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Perencanaan dan Realisasi, Bab 4 Hasil dan Pembahasan))
Laporan Skripsi Sadam Maulana_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)
[thumbnail of Jurnal (Manuskrip)] Text (Jurnal (Manuskrip))
Jurnal_Sadam Maulana_2007431032.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aset animasi 3D untuk media pembelajaran virtual reality mengenai pemilahan sampah di SD Khalifah. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aset animasi 3D ini dibuat menggunakan perangkat lunak Blender dan dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi 3D yang dihasilkan efektif dalam menjelaskan materi pemilahan sampah. Berdasarkan hasil uji beta, animasi ini mendapat respons positif dari siswa dan guru, dengan persentase setuju masing-masing sebesar 84.22% dan 88.33%. Kesimpulan ini didukung oleh data kuesioner yang menunjukkan bahwa video animasi 3D ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di SD Khalifah. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penyediaan materi pembelajaran yang inovatif dan interaktif, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan transisi yang lebih halus dan peningkatan kualitas audio narasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email sadam.maulana.tik20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2024 05:27
Last Modified: 02 Sep 2024 05:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21677

Actions (login required)

View Item
View Item