RANCANG BANGUN JIG VL UNTUK MEMBANTU PROSES MACHINING DIFFERENTIAL CASE

2102317002, Raka Aditya Arief (2024) RANCANG BANGUN JIG VL UNTUK MEMBANTU PROSES MACHINING DIFFERENTIAL CASE. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas TA Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Identitas TA Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Identitas TA Bab 1, Bab 5.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 2-Bab 4] Text (Bab 2-Bab 4)
Bab 2, Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)

Abstrak

Differential case adalah salah satu komponen sistem pemindah daya yang dibuat melalui proses machining. Proses machining tersebut adalah rough cutting, turning, drilling, reaming, milling, finishing, and assyembling. Penulis melakukan penelitian ”Rancang Bangun Jig VL Untuk membantu Proses Machining Differential Case”. Proses machining adalah proses drilling and reaming. Jig digunakan untuk mencekam sebagai datum benda kerja dengan presisi yang tinggi, untuk meningkatkan efisiensi proses machining dan mengurangi kesalahan operator mesin (main power). Proses pembuatan Jig dilakukan oleh supplier dengan tahapan pemilihan material dan produksi Jig dengan spesifikasi atau rancangan yang sudah ditetapkan untuk memastikan implementasi desain yang tepat dan efisien. Proses perancangan Jig differential case dimulai dengan melakukan studi literatur, observasi langsung pada mesin, mengumpulkan data kebutuhan proses machining, membuat desain, merancang Jig dengan metode VDI (Verein Deutsche Ingenieur 2222), serta menganalisa menggunakan software inventor dengan metode FEA (Finite Element Analysis). Hasil pengujian dari FEA yang diperoleh nilai safety factor mencapai 15 dapat dinyatakan aman. Uji coba fitting Jig dengan software dan pada existing mesin CNC untuk proses drilling dan diperoleh waktu dandoritime Jig sebesar 07.50 menit, dengan rincian waktu pelepasan Jig 04.00 menit, dan waktu pemasangan 03.50 menit, serta Jig dapat terpasang secara presisi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Raka Aditya Arief
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:46
Last Modified: 12 Sep 2024 06:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21667

Actions (login required)

View Item
View Item