PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI 2D UNTUK MATA PELAJARAN IPA SMP CITRA INSAN MULIA KELAS VIII

2007431001, Muhammad Diego Tristan Firdaus (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI 2D UNTUK MATA PELAJARAN IPA SMP CITRA INSAN MULIA KELAS VIII. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Halaman Identitas Skripsi_Muhammad Diego Tristan Firdaus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
MUHAMMAD DIEGO TRISTAN FIRDAUS_JATILIMA .pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pendidikan adalah proses mewariskan budaya dan pengetahuan antar generasi. Dunia pendidikan harus sesuai dengan UUD 45 dan UU no. 20 Tahun 2003 tentang nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, tanggap terhadap tuntutan zaman dan sesuai dengan perkembangan IPTEK. Media pembelajaran, seperti video, animasi, dan kuis, harus dipilih sesuai tujuan dan karakteristik peserta didik. Salah satu cabang IPA yang dipelajari di SMP Citra Insan Mulia kelas VIII adalah Fisika. Fisika adalah ilmu sains yang mempelajari gejala-gejala alam dari segi materi dan energinya.
Beberapa masalah terkait mata pelajaran IPA seperti, peserta didik tidak fokus dan cenderung kesulitan dalam memahami materi, sulit memahami rumus yang dipakai dalam pembelajaran IPA Fisika, pembelajaran yang masih dominan menulis di papan tulis, dan masih terfokus dengan buku dapat membuat pembelajaran menjadi monoton. Maka dari itu perlunya ada pembuatan sebuah video animasi 2D untuk mata pelajaran IPA materi tekanan di SMP Citra Insan Mulia Kelas VIII dalam proses pembelajaran kepada siswa agar semua para siswa dapat memahami materi yang diberikan, kemudian juga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa jika menggunakan suatu media dalam mengajar.
Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Pada tahap testing menggunakan kuesioner yang sudah dibuat dengan hitungan skala likert dan didapatkan hasil pengujian produk animasi 2D oleh murid sebesar 74,4% setuju bahwa video animasi 2D tersebut dapat mempermudah murid untuk memberikan gambaran visual kepada murid SMP dan video animasi 2D tersebut dapat membuat murid bisa memahami dan mengerti berbagai macam tekanan dan penggunaan nya dalam kehidupan sehari - hari.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Muhammad Diego Tristan Firdaus
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:05
Last Modified: 02 Sep 2024 04:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21663

Actions (login required)

View Item
View Item