RANCANG BANGUN ALAT PEMANTAU SUHU MESIN ROASTING KOPI DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM

2003421046, Muhamad Hakim Ramadhan (2024) RANCANG BANGUN ALAT PEMANTAU SUHU MESIN ROASTING KOPI DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Isi Skripsi] Text (Isi Skripsi)
Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (31MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (674kB)

Abstrak

Kopi adalah salah satu komoditas perkebunan memiliki nilai pasar yang tinggi, serta disukai oleh semua orang, dari anak muda hingga orang tua. Sangrai kopi adalah proses perpindahan panas dan perubahan ukuran, warna, dan cita rasa biji kopi selama penyarangian menggunakan mesin sangrai. Salah satu usaha kecil UMKM Pulopiun Kopi didirikan pada tahun 2022 di wilayah Kota Jakarta Barat. Masalah pada mesin sangrai Pulopiun Kopi adalah bahwa tidak ada sistem pemantau suhu. Pada penilitian ini difokuskan pada rancang bangun pemantauan suhu untuk mengatasi masalah pada UMKM Pulopiun Kopi dengan mengembangkan sebuah alat pemantau suhu dengan Notifikasi Telegram. Perancangan sistem tersebut menggunakan ESP32 dan sensor termokopel tipe-k yang terhubung dengan Max6675 supaya data sensor tersebut dapat dibaca oleh ESP32. Bot Telegram berfungsi sebagai notifikasi data suhu drum bean dan suhu ruangan bean mesin roasting yang menggunakan jaringan internet terhubung menggunakan ESP32. Pengujian data sensor termokopel dikalibrasi dengan cara membandingkan alat ukur suhu termometer, dengan membaca nilai suhu dengan mendidihkan air. Hasil rata-rata persentase kesalahan sensor termokopel 1,9% hingga 2%. Pengujian bot telegram dengan mengirim dan menerima data nilai suhu bean dan ruangan mesin. Pada hasil akurasi yang dihasilkan terhadap sensor termokopel memiliki nilai 98.01%. Memiliki waktu respon rata-rata 2 detik. Kalibrasi roasting biji kopi 1 kg pada set point suhu 180°C dengan waktu 15 menit mendapatkan hasil pengujian roasting menjadi biji kopi dark roast yang memiliki aroma smoky dan warna gelap. Hasil yang di dapat pada pengujian memiliki karakteristik jenis roasting medium to dark roast dari ulasan Pulopiun Kopi.

Kata Kunci: bot telegram, esp 32, pemantau, sangrai kopi,termokopel

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: d4 Muhamad Ramadhan
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:23
Last Modified: 02 Sep 2024 06:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21656

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item