2004411028, Gita Maysianingrum (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS, LABEL HALAL, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PANGAN HALAL: STUDI KASUS KONSUMEN JIWA TOAST. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarrta.
Halaman Identitas_Gita Maysianingrum_2004411028.pdf
Download (3MB)
Isi Skripsi_Gita Maysianingrum_2004411028.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Prosiding+SNAM_Gita Maysianingrum.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (450kB)
Abstrak
Berdasarkan hasil survei dari lembaga Top Brand Awards, jiwa toast menempati peringkat pertama sebagai toast terlaris di Indonesia. Namun, menurut hasil pra penelitian kepada 25 responden menunjukkan hasil bahwa terdapat masalah pada
kualitas jiwa toast yang kurang berkualitas dari rasa, ketahanan produk, kepuasan pelanggan. Tidak hanya kualitas produk, hasil pra penelitian melalui kuesionermenunjukkan responden tidak memperhatikan kehalalan pada suatu produk dalam
melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis pengaruh religiusitas, label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian jiwa toast. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah Partial Least Square – Structural Equation Model (PLS-SEM) menggunakan software statistik SMARTPLS 3.0 dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengambil sampel sebanyak 125 responden yang merupakan konsumen Muslim jiwa toast di Jabodetabek. Hasil penelitian membuktikan bahwa religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikanterhadap keputusan pembelian jiwa toast, label halal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jiwa toast dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jiwa toast. Kebaruan penelitian ini adalah perpaduan antara variabel religiusitas, label halal dan kualitas produk sebagai variabel independen yang masih jarang ditemukan untuk penelitian di sektor industri makanan dangan penggunaan metode PLS-SEM. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi jiwa toast sebagai acuan tambahan dalam
meningkatkan keputusan pembelian konsumen untuk membeli jiwa toast.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 178 Etika konsumsi 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4 |
User ID Pengunggah: | Gita Maysianingrum |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:48 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:48 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21651 |