PENGARUH LABELISASI HALAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL MELALUI APLIKASI ONLINE FOOD DELIVERY (Studi Kasus pada Konsumen Muslim Grabfood, Gofood, dan Shopeefood di DKI Jakarta)

2004411034, Alfania Wardah (2024) PENGARUH LABELISASI HALAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL MELALUI APLIKASI ONLINE FOOD DELIVERY (Studi Kasus pada Konsumen Muslim Grabfood, Gofood, dan Shopeefood di DKI Jakarta). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (957kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (180kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh labelisasi halal dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk makanan halal melalui aplikasi online food delivery di kalangan konsumen Muslim DKI Jakarta. Dengan mayoritas penduduk Muslim, Indonesia menjadi pasar potensial bagi produsen produk halal. Namun, masih ditemukan ketidakjelasan pencantuman informasi halal serta produk non-halal pada aplikasi pesan antar makanan seperti GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood, yang dapat menimbulkan keraguan dalam memilih makanan yang
sesuai syariah. Labelisasi halal menjadi parameter penting bagi konsumen Muslim dalam memilih produk. Label halal merupakan penanda yang mencantumkan kehalalan suatu produk setelah melalui pengujian oleh lembaga berwenang.
Sementara itu, citra merek juga turut berperan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Citra merek adalah persepsi konsumen tentang suatu merek sebagai refleksi asosiasi yang terbentuk di benak konsumen. Asosiasi ini dapat
mempengaruhi penilaian dan keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menyebarkan kuesioner kepada 100 responden
Muslim di DKI Jakarta yang pernah membeli makanan melalui aplikasi online food delivery. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda, uji t, dan koefisien determinasi untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan bagi penyedia layanan online food delivery dalam meningkatkan transparansi informasi
halal dan memperhatikan citra merek produk yang ditawarkan, demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen Muslim. Penelitian ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran konsumen dalam mempertimbangkan aspek kehalalan dan citra merek saat memutuskan pembelian makanan melalui aplikasi online.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Alfania Wardah
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:46
Last Modified: 04 Sep 2024 07:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21636

Actions (login required)

View Item
View Item