PROTOTYPE ALAT PENDETEKSI TITIK API OTOMATIS BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID

2003332014, Tatia Salsabila (2024) PROTOTYPE ALAT PENDETEKSI TITIK API OTOMATIS BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf] Text
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf] Text
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (518kB)

Abstrak

Permasalahan yang sering terjadi selama ini adalah kurangnya pendeteksian dini mengenai munculnya titik api sehingga upaya pecegahan terjadinya kebakaran mengalami keterlambatan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini memberikan kontribusi yang besar bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah Artificial Intelligence (AI). Dalam Artificial Intelligence terdapat Machine Learning yang memiliki kemampuan Object Detection atau Object Recognize. Pada object detection, kita dapat mendeteksi objek yang terdeteksi oleh kamera. Oleh karena itu, di buat Prototype Alat Pendeteksi Titik Api Otomatis ini yang bertujuan untuk mendeteksi titik api pada tempat yang memiliki resiko tinggi terjadinya kebakaran. Untuk membuat Prototype Alat Pendeteksi Titik Api Otomatis ini digunakan Relay 1 Channel sebagai pengontrol Kit Line Follower dan Buzzer sebagai pemberitahuan audiotori saat api terdeteksi, kemudian riwayat api akan disimpan ke Firebase dan ditampilkan pada Aplikasi Android. Hasil pengujian pendeteksian titik api dilakukan dengan membandingkan nilai pada keakurasian tampilan di riwayats aplikasi dengan ketinggian asli pada tanaman yaitu mendapatkan nilai rata rata akurasi >85%. Hal tersebut menunjukkan pengujian berjalan lancar dengan kategori baik. Sementara hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi sudah dapat berfungsi dan terhubung dengan database firebase, data yang dikirimkan sesuai. Pengujian QoS dengan throughput sebesar 585.58 Kb/s, packet loss sebesar 0%, dan delay sebesar 13,04 ms. Hal tersebut menunjukkan koneksi realtime untuk menghubungkan aplikasi dengan mikrokontroler berjalan lancar dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci : Api, Aplikasi Android, Artificial Intelligence, Firebase, Raspberry Pi

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Tatia Salsabila
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:59
Last Modified: 02 Sep 2024 02:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21612

Actions (login required)

View Item
View Item