RANCANGAN USAHA PLATFORM MARKETPLACE BERBASIS WEBSITE UNTUK PENYEDIA JASA LIVE STREAMING OLEH CV RONA MUDA

4517010053, Asri Tamira Putri and 4517010040, Nada Shofiyah Chariski and 4517010046, Roro Salma Prilly Annisa (2021) RANCANGAN USAHA PLATFORM MARKETPLACE BERBASIS WEBSITE UNTUK PENYEDIA JASA LIVE STREAMING OLEH CV RONA MUDA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi Bab 3 sd Bab 6] Text (Isi Bab 3 sd Bab 6)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Judul Pendahuluan Dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan Dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup new.pdf

Download (24MB)

Abstrak

CV Rona Muda merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT &
Telecommunication. Produk yang ditawarkan perusahaan kami adalah Find Ming!.
Find Ming! merupakan platform marketplace berbasis website sebagai wadah untuk
mengiklankan produk jasa live streaming dengan tujuan untuk memberikan
kemudahan kepada para pengguna jasa tersebut dalam memperoleh informasi
produk.
Produk utama dari CV Rona Muda adalah Find Ming!. Find Ming!
menawarkan paket membership untuk menjadi keanggotaan pada marketplace dan
memiliki akses untuk mengunggah informasi vendor di Find Ming!. Paket
membership memiliki 3 kategori, yaitu kategori VIP, Premium, dan Regular.
Produk pendukung yang ditawarkan oleh CV Rona Muda adalah iklan atau
advertising. Untuk produk pendukung memiliki 4 kategori, yaitu penambahan
credit vendor atau slot klik, Ads Pop Up Website, Ads Media Sosial Instagram
kategori VIP dan Ads Media Sosial Instagram kategori Regular.
Target pasar perusahaan kami adalah memfokuskan penawaran jasa kepada
calon seller dan buyer potensial yang berdomisili di wilayah Jakarta, Depok,
Tangerang, dan Bekasi, karena di wilayah tersebut memiliki frekuensi
penyelenggaraan event yang tinggi, terutama pada wilayah Jakarta.
Berdasarkan hasil riset yang telah kami lakukan terkait ketertarikan dan
kebutuhan masyarakat terhadap platform marketplace penyedia jasa live streaming

menunjukan bahwa 94,2% dari total 52 responden yang mewakili satu instansi dan
perusahaan, menyatakan tertarik dengan adanya marketplace ini agar dapat
membantu menghubungkan dan mempermudah bagi penyelenggara acara untuk
menentukan vendor live streaming terbaik.
Untuk sumber daya manusia, CV Rona Muda merekrut satu staff IT dan satu
staff pemasaran. Staff IT dibutuhkan untuk mengelola dan mengontrol website Find
Ming!. Staff pemasaran dibutuhkan untuk membantu dalam mengembangkan,
mempromosikan, memperluas jaringan perusahaan.
Sumber pendapatan CV Rona Muda berasal dari 7 sumber, yaitu produk
utama dengan 3 kategori dan produk pendukung dengan 4 kategori. Produk utama
yaitu, paket membership kategori VIP seharga Rp 1.500.000/bulan, Premium
seharga Rp 900.000,00/bulan, dan Regular seharga Rp 100.000,00/bulan. Produk
pendukung yaitu, penambahan credit vendor seharga Rp 5.000,00/klik, Ads Pop Up
Website seharga Rp 240.000,00/bulan, Ads Media Sosial Instagram VIP seharga Rp
200.000,00/bulan, Ads Media Sosial Instagram Regular seharga Rp
50.000,00/bulan. Harga-harga tersebut akan mengalami kenaikan setiap tahunnya
karena adanya inflasi.
Modal awal CV Rona Muda berasal dari investasi yang diberikan oleh 3 orang
pendiri perusahaan yang berjumlah Rp 200.000.000,00 (Dua Ratus Juta Rupiah)
yang terbagi ke dalam 40%, 30%, dan 30%. Selain menganalisa kondisi pasar, CV
Rona Muda telah melakukan analisa kondisi keuangan perusahaan selama 3 tahun
mendatang dengan cara melakukan analisis kelayakan usaha menggunakan metode

Payback Period (PP) dengan hasil modal awal akan terkumpul kembali dalam
jangka waktu (2) dua tahun (8) delapan bulan (9) sembilan hari, Net Present Value
(NPV) senilai Rp 37.295.506, Internal Rate of Return (IRR) senilai 11,46%, Rate
of Investment (ROI) di tahun ke 3 senilai 160,33% dan Profitability Index (PI)
sebesar 1,233 yang berarti usaha ini layak untuk direalisasikan.
Berdasarkan analisa pasar, analisa pesaing, analisa keuangan serta analisa
risiko usaha yg telah kami lakukan maka kami optimis bahwa perusahaan kami
akan mendapat sambutan baik dari pelanggan dan akan dapat bersaing dengan
pesaing serta dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Asri Tamira Putri
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:34
Last Modified: 13 Sep 2021 03:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item
View Item