ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (SAK EMKM) PADA PENCATATAN DAN PELAPORAN KEUANGAN UMKM ATATU KOPI

2004431044, A.Nurbina Nasrun (2024) ANALISIS PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (SAK EMKM) PADA PENCATATAN DAN PELAPORAN KEUANGAN UMKM ATATU KOPI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, Penutup] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, Penutup)
Cover, Bab 1, Bab 5, Penutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2-4] Text (Bab 2-4)
Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (749kB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah_A.Nurbina Nasrun] Text (Artikel Ilmiah_A.Nurbina Nasrun)
Artikel Ilmiah_A. Nurbina Nasrun.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (297kB)
Official URL: http://pnj.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah pada pencatatan dan pelaporan keuangan di Atatu Kopi, yang kemudian akan dilaporkan melalui laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus, dengan objek penelitian adalah pencatatan dan pelaporan keuangan UMKM Atatu Kopi. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa UMKM Atatu Kopi belum menerapkan pencatatan sesuai dengan prinsip akuntansi dan belum membuat laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM. Penyebab utama adalah kurangnya kompetensi dalam akuntansi di sumber daya manusia. Sebagai solusi, penulis menyarankan penerapan pencatatan transaksi sesuai dengan prinsip akuntansi, termasuk pembuatan jurnal umum untuk mencatat transaksi dan buku besar untuk memposting akun-akun terkait. Selain itu, laporan keuangan yang meliputi laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, dan catatan atas laporan keuangan perlu disusun. Dengan penerapan pencatatan dan pelaporan keuangan yang sesuai prinsip akuntansi, diharapkan UMKM Atatu Kopi dapat meningkatkan pengelolaan keuangan mereka. Laporan keuangan yang akurat dan teratur juga akan memberikan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dan perencanaan strategi bisnis serta membantu Atatu Kopi dalam menilai kinerja keuangan usaha mereka.
Kata Kunci : Analisis, SAK EMKM, Laporan Keuangan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: andi nurbina nasrun
Date Deposited: 02 Sep 2024 00:28
Last Modified: 02 Sep 2024 00:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21457

Actions (login required)

View Item
View Item