Rancang Bangun Konveyor Pemilah Tomat Menggunakan Dobot Magician

2103321039, Yudit Dhani Irawan (2024) Rancang Bangun Konveyor Pemilah Tomat Menggunakan Dobot Magician. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah (jurnal)] Text (Manuskrip artikel ilmiah (jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (464kB)

Abstrak

Dalam era perkembangan teknologi yang cepat, merancang alat konveyor menjadi sangat penting untuk melakukan pemindahan tomat dengan cepat di industri. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat membangun konveyor dalam melakukan pemindahan tomat dengan baik. Sistem ini menggunakan motor dc dengan pemakaian teknik PWM (Pulse With Modulation) untuk menghasilkan lebar pulsa yang diinginkan. Konveyor akan bekerja dengan pengaturan PWM yang berbeda beda setelah bergantung terhadap berapa pendeteksian sensor infared proximity 1 mendeteksi objek dan mengalirkan tomat menuju sensor Infrared Proximity 2 untuk memberhentikan konveyor dengan buzzer sebagai penanda dan dilanjutkan pemilahan oleh Dobot Magician. Data counting oleh sensor infared 2 ditampilkan di seven segment hingga 4 digit. Sistem ini diuji coba menggunakan duty cycle 25 persen ,50 persen, 75 persen dan 100 persen dengan metode peletakkan 1 tomat, 4 tomat, dan 8 tomat sesuai kapasitas maksimal konveyor yakni 8 tomat. Pengujian ini dilakukan untuk menghasilkan pengaturan PWM yang baik dan menguji fungsi antar komponen berjalan dengan baik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa konveyor dengan 1 tomat baik digunakan dengan PWM 50 persen, kurang dari 4 tomat baik digunakan 75 persen dan kurang dari 8 tomat dan lebih dari 4 tomat baik dengan pengaturan PWM 100 persen. Pengujain integrasi fungsi komponen sensor infrared, buzzer dan seven segment berjalan dengan tingkat akurasi 100 persen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Unnamed user with email yudit.dhani.irawan.te21@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:13
Last Modified: 02 Sep 2024 03:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21436

Actions (login required)

View Item
View Item