Penerapan Time Driven Acitivity Based Costing dalam Perhitungan Beban Pokok Jasa Car Washing untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus pada Badan Usaha XYZ)

2004431061, Zahran Nisa Kurniawati (2024) Penerapan Time Driven Acitivity Based Costing dalam Perhitungan Beban Pokok Jasa Car Washing untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus pada Badan Usaha XYZ). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi_Zahran Nisa Kurniawati 2004431061.pdf

Download (924kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi_Zahran Nisa Kurniawati 2004431061.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (925kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Zahran Nisa Kurniawati Artikel SNAM 2024 - Revisi.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (196kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode time driven activity based costing sebagai alternatif dalam perhitungan beban pokok jasa car wash yang dilakukan oleh Badan Usaha XYZ dan melihat perbedaan pada hasil perhitungan beban pokok antara metode tradisional dengan metode time driven activity based costing. Perhitungan tersebut dapat menggambarkan kinerja setiap layanan dalam menghasilkan laba. Perbedaan antara perhitungan tradisional dan dengan time driven activity based costing terletak pada cara alokasi beban overhead. Oleh karena itu dilakukan perbandingan perhitungan beban pokok jasa car wash untuk mengetahui keakuratan alokasi overhead. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari wawancara dan observasi serta data sekunder yang bersumber dari dokumentasi informasi keuangan terkait biaya yang menjadi dasar perhitungan beban pokok jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode time driven activity based costing dapat mengalokasikan beban overhead dengan akurat sesuai dengan waktu aktivitas dan menunjukkan distorsi pada hasil perhitungan tradisional. Oleh karena itu, penggunaan metode time driven activity based disarankan sehingga alokasi overhead dilakukan dengan tepat dan dapat menunjukkan potensi laba pada tiap layanannya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Zahran Nisa Kurniawati
Date Deposited: 02 Sep 2024 00:27
Last Modified: 02 Sep 2024 00:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21405

Actions (login required)

View Item
View Item