Perencanaan PLTS Atap Off Grid untuk Rumah Hijau Lobadaun: Analisa Energi Perancangan PLTS Atap Off-Grid pada Lobadaun Greenhouse Agriculture menggunakan Perangkat Lunak PVSyst

2302432049, Fani Nuryanto and 2302432014, Bintang Airlangga Sakti and 2302432040, Krisna and 2302432011, Muhammad Nur Fauzi (2024) Perencanaan PLTS Atap Off Grid untuk Rumah Hijau Lobadaun: Analisa Energi Perancangan PLTS Atap Off-Grid pada Lobadaun Greenhouse Agriculture menggunakan Perangkat Lunak PVSyst. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
HAL IDENTITAS LAPORAN CAPSTONE.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
ISI LAPORAN CAPSTONE.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Laporan SEMNAS Fani Nuryanto.] Text (Laporan SEMNAS Fani Nuryanto.)
LAPORAN SEMNAS Fani Nuryanto.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (799kB) | Request a copy

Abstrak

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off-Grid merupakan salah satu alternatif energi terbarukan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di berbagai sektor, termasuk juga dalam sektor pertanian hidroponik. Salah satu masalah yang dihadapi oleh petani hidroponik dalam menggunakan sistem pengairan hidroponik adalah biaya listrik yang tinggi jika belum menggunakan energi terbarukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan PLTS Off-Grid untuk greenhouse, serta bertujuan untuk mengetahui manfaat, potensi, dan tantangan pemanfaatan PLTS Off-Grid untuk greenhouse dibantu dengan perangkat lunak PVSyst. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari literatur yang terkait dengan pemanfaatan PLTS untuk suplai energi listrik dan survey lapangan terkait pemanfaatan hingga potensi untuk pengembangan PLTS dalam membantu suplai energi listrik yang nantinya akan dianalisis menggunakan perangkat lunak PVSyst. Pemanfaatan PLTS Off-Grid dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi petani hidroponik, seperti penghematan biaya listrik, peningkatan efisiensi pengairan, dan peningkatan produktivitas hidroponik. Secara garis besar pemanfaatan PLTS Off-Grid untuk suplai energi listrik memiliki potensi dalam efisiensi pengeluaran yang sangat besar bagi petani hidroponik dan dampak yang baik bagi lingkungan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Kata Kunci Uncontrolled: PLTS, Hidroponik, EBT
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 604 Menggambar teknik, bahan berbahaya
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 696 Utilitas
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Konversi Energi D4
User ID Pengunggah: Fani Nuryanto
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:14
Last Modified: 13 Sep 2024 08:14
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21360

Actions (login required)

View Item
View Item