PEMBUATAN ANIMASI 2.5D PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI BULLYING

2007431004, Roland Dwi Cahya (2024) PEMBUATAN ANIMASI 2.5D PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI BULLYING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, Pendahuluan (Bab I), dan Penutup (Bab V)] Text (Identitas Skripsi, Pendahuluan (Bab I), dan Penutup (Bab V))
Identitas Skripsi, Pendahuluan (Bab I), dan Penutup (Bab V).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi (Bab 2 s_d 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (678kB)

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran bimbingan dan konseling di SMPN 11 Kota Bogor belum terlaksana secara optimal dan menghadapi berbagai hambatan, baik dari guru pembimbing maupun peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran interaktif yang dapat mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi 2.5D sebagai media pembelajaran interaktif untuk materi bullying dalam mata pelajaran bimbingan dan konseling di SMPN 11 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed-methods untuk pengumpulan dan analisis data, serta MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dalam pengembangan media pembelajaran. Hasil penelitian ini berupa video animasi 2.5D berdurasi 5 menit 17 detik dengan format MP4, yang akan digunakan dalam game yang dikembangkan oleh tim pengembang. Hasil beta testing terhadap siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Bogor yang berusia 13-16 tahun menunjukkan bahwa 88,45 persen siswa sangat setuju bahwa video animasi 2.5D berjudul "Bullying" sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk materi bullying. Dengan demikian, animasi 2.5D ini berhasil menjadi media pembelajaran yang dapat mengoptimalkan pembelajaran bimbingan dan konseling materi bullying.

Kata kunci: animasi 2.5D, bimbingan dan konseling, bullying, media pembelajaran interaktif

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Roland Dwi Cahya
Date Deposited: 31 Aug 2024 02:53
Last Modified: 31 Aug 2024 02:53
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21323

Actions (login required)

View Item
View Item