PEMBUATAN GAME EDUKASI BERBASIS VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI BULLYING

2007431011, Alifa Salsabila Deshendra (2024) PEMBUATAN GAME EDUKASI BERBASIS VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI BULLYING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, Pendahuluan (Bab I), dan Penutup (Bab V)] Text (Identitas Skripsi, Pendahuluan (Bab I), dan Penutup (Bab V))
Identitas Skripsi, Pendahuluan (Bab I), dan Penutup (Bab V).pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi (Bab 2 s_d 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (785kB) | Request a copy

Abstrak

Penyampaian materi bullying pada mata pelajaran bimbingan dan konseling di SMPN 11 Kota Bogor belum berjalan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan membuat game edukasi visual novel sebagai media pembelajaran interaktif materi bullying dalam bimbingan dan konseling di SMPN 11 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode mixed-methods untuk mengumpulkan dan menganalisis data, serta pendekatan GDLC (Game Development Life Cycle) dalam pengembangan game. Hasil penelitian berupa game edukasi berbasis visual novel dalam format .apk untuk platform android. Dari hasil beta testing yang dilakukan oleh pengguna (siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Bogor), sebanyak 87,78% siswa menyatakan sangat setuju bahwa game berjudul "B-Aware" layak dijadikan sebagai media pembelajaran interaktif materi bullying.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, bullying, game edukasi, visual novel

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Alifa Salsabila Deshendra
Date Deposited: 31 Aug 2024 02:52
Last Modified: 31 Aug 2024 02:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21307

Actions (login required)

View Item
View Item