RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PERANGKAP SATWA LIAR DI PEMUKIMAN PENDUDUK BERBASIS ANDROID

2103332087, Nugrahani Wanda Oktaviana (2024) RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PERANGKAP SATWA LIAR DI PEMUKIMAN PENDUDUK BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf] Text
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (470kB)

Abstrak

Perambahan hutan dan peningkatan populasi manusia telah menyebabkan satwa liar sering memasuki pemukiman penduduk. Untuk mengatasi masalah ini, dirancang sebuah sistem perangkap satwa liar berbasis teknologi Internet of Things (IoT) yang dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui smartphone. Tugas Akhir ini menggunakan metode perancangan, pembuatan prototype, dan pengujian. Perancangan sistem menggunakan Sensor Ultrasonik untuk mendeteksi keberadaan satwa liar dan menggerakkan servo yang berfungsi untuk membuka dan menutup perangkap. Komunikasi antara perangkap dan smartphone dilakukan menggunakan modul Long Range (LoRa), yang memungkinkan transmisi data di wilayah dengan keterbatasan jaringan internet. Pengujian LoRa menunjukkan jarak maksimum pengiriman data sejauh 100 meter dengan atau tanpa penghalang, nilai RSSI yang didapat yaitu -114 dBm dan -122 dBm. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sensor ultrasonik dapat mendeteksi satwa di jarak < 20 cm, dan servo akan bergerak 180º yang berarti menutup perangkap. Sistem yang dirancang dapat berkomunikasi melalui LoRa untuk mendeteksi satwa yang dapat dioperasikan dari jarak jauh.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Nugrahani Wanda Oktaviana
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:12
Last Modified: 02 Sep 2024 06:12
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item
View Item