STUDI KASUS PENYEBAB KERUSAKAN FIN PADA RADIATOR SISTEM PENDINGIN MESIN DIESEL CAT-G3516 TA DI PT MEDCO ENERGI INTERNASIONAL TBK

2102311045, Bondan Hoirul Insan (2024) STUDI KASUS PENYEBAB KERUSAKAN FIN PADA RADIATOR SISTEM PENDINGIN MESIN DIESEL CAT-G3516 TA DI PT MEDCO ENERGI INTERNASIONAL TBK. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS TUGAS AKHIR.pdf] Text
HALAMAN IDENTITAS TUGAS AKHIR.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Tinjauan Pustaka] Text (Tinjauan Pustaka)
BAB II- BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

PT Air Surya Radiator adalah perusahaan yang melakukan fabrikasi heat exchanger. Salah satu produk yang diproduksi adalah radiator CAT-G3516 TA yang dipesan oleh PT Medco Energi Internasional Tbk untuk keperluan pendingin mesin diesel Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). Permasalahan yang terjadi pada radiator CAT-G3516 TA adalah terdapat kerusakan pada area fin radiator. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diagram fishbone agar dapat menemukan akar penyebab dari permasalahan kerusakan fin radiator CAT-G3516 TA. Tujuannya adalah untuk menentukan faktor-faktor yang menjadi penyebab kerusakan pada fin radiator CAT-G3516 TA dan untuk mengetahui akibat yang terjadi setelahnya. Kerusakan yang terjadi pada fin radiator CAT-G3516 TA disebabkan karena penyumbatan pada area fin radiator yang diakibatkan oleh debu, kotoran yang menumpuk, dan terjadinya pengeroposan atau korosi pada fin radiator yang menyebabkan aliran udara menuju tube tidak sempurna. Solusi dari permasalahan tersumbatnya fin oleh debu adalah dengan melakukan pembersihan secara berkala pada area sekitar radiator. Solusi dari permasalahan korosi pada area fin adalah dengan melakukan penggantian core secara keseluruhan dan melapisi area fin radiator dengan cat anti karat Heresite P-413.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 680 Produksi untuk keperluan khusus
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: A.Md. Bondan Hoirul Insan
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:13
Last Modified: 12 Sep 2024 05:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21249

Actions (login required)

View Item
View Item