PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 3D VIRTUAL REALITY “PEMILAHAN SAMPAH” UNTUK SD KHALIFAH MENGGUNAKAN BLENDER

2007431040, Dustin Rhesa Wibowo (2024) PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 3D VIRTUAL REALITY “PEMILAHAN SAMPAH” UNTUK SD KHALIFAH MENGGUNAKAN BLENDER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (957kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi 3D berbasis Virtual Reality (VR) tentang pemilahan sampah untuk siswa SD Khalifah menggunakan software Blender dengan menerapkan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam era perkembangan teknologi yang pesat, VR telah menjadi alat pembelajaran yang revolusioner, memungkinkan interaksi yang mendalam dalam lingkungan simulasi komputer. Meskipun teknologi komputer telah diterapkan di SD Khalifah, siswa sering merasa jenuh dengan metode pembelajaran konvensional, terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) untuk kelas 4-6. Dengan menggunakan metode MDLC, penelitian ini menghasilkan animasi 3D VR yang menarik dan interaktif, yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa mengenai pentingnya pemilahan sampah serta praktik yang benar dalam kehidupan sehari-hari. Hasil akhir berupa video animasi 3D dalam format .mp4 diharapkan menjadi referensi dan alat bantu pembelajaran yang efektif dalam pendidikan berbasis teknologi, serta mendorong kesadaran lingkungan di kalangan siswa untuk berkontribusi dalam program pemilahan sampah di sekolah dan masyarakat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email dustin.rhesawibowo.tik20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2024 02:29
Last Modified: 30 Aug 2024 02:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21223

Actions (login required)

View Item
View Item