Rancang Bangun Aplikasi Klasifikasi dan Perhitungan Nilai Sampah Menggunakan Convolutional Neural Network

2007411054, Muhamad Dwiki Hermansyah (2024) Rancang Bangun Aplikasi Klasifikasi dan Perhitungan Nilai Sampah Menggunakan Convolutional Neural Network. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 dan Bab 5 Muhamad Dwiki Hermansyah.pdf] Text
Bab 1 dan Bab 5 Muhamad Dwiki Hermansyah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 2 sampai 4 muhamad dwiki hermansyah.pdf] Text
bab 2 sampai 4 muhamad dwiki hermansyah.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of dwiki jurnal.pdf] Text
dwiki jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian mengenai Rancang Bangun Aplikasi Klasifikasi dan Perhitungan Nilai Sampah Menggunakan Convolutional Neural Network (CNN) telah berhasil dilaksanakan. Hasil penelitian ini mencakup pembuatan dataset yang terdiri dari gambar-gambar sampah anorganik yang telah teruji kelayakannya, serta pengembangan model CNN dengan arsitektur VGG. Model tersebut mencapai akurasi sebesar 95.20% pada data pelatihan (accuracy: 0.9520), menunjukkan bahwa sebagian besar prediksi model benar. Selain itu, akurasi model pada data validasi adalah 76.83% (val_accuracy: 0.7683). Meskipun akurasi ini lebih rendah daripada akurasi pada data pelatihan, hal ini masih menunjukkan bahwa model mampu melakukan prediksi yang cukup baik pada data baru. Penelitian ini juga menghasilkan aplikasi mobile yang menggunakan model CNN untuk mengklasifikasikan jenis sampah dan menghitung nilai sampah secara otomatis. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pengambilan gambar sampah, klasifikasi sampah, perhitungan nilai sampah, dan sistem informasi jenis sampah anorganik. Aplikasi mobile ini telah menjalani serangkaian pengujian untuk memastikan fungsionalitas dan kinerja yang baik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi mampu mengklasifikasikan sampah dengan akurasi tinggi dan menghitung nilai sampah secara akurat. Berdasarkan nilai SUS (System Usability Scale), aplikasi ini menunjukkan nilai SUS rata-rata sebesar 87, yang mengindikasikan tingkat kepuasan pengguna yang tinggi terhadap aplikasi. Meskipun hasil pengujian menunjukkan performa yang baik, model dan aplikasi yang telah dikembangkan masih memiliki beberapa keterbatasan yang perlu diperbaiki.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Muhamad Dwiki Hermansyah
Date Deposited: 30 Aug 2024 00:54
Last Modified: 30 Aug 2024 00:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21201

Actions (login required)

View Item
View Item