PEMBUATAN MULTIMEDIA BERBASIS APLIKASI DESKTOP PADA MATERI PENGENALAN KOLEKSI WAYANG KULIT DI MUSEUM WAYANG

2007431022, Khairunnisa (2024) PEMBUATAN MULTIMEDIA BERBASIS APLIKASI DESKTOP PADA MATERI PENGENALAN KOLEKSI WAYANG KULIT DI MUSEUM WAYANG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5))
Skripsi Khairunnisa Marasabessy_Halaman Identitas.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
Skripsi Khairunnisa Marasabessy_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Jurnal Jatilima_Khairunnisa Marasabessy_2007431022_TMD 8A.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (334kB)

Abstrak

Museum wayang menghadapi tantangan dalam menyampaikan informasi kepada
pengunjung, terutama ketika mereka datang dalam kelompok besar, yang membuat
edukator sulit untuk memberikan penjelasan secara efektif. Teknologi menjadi
solusi yang penting di era modern ini, dengan banyak museum mengadopsi
digitalisasi untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. Oleh karena itu,
penelitian ini fokus pada pengembangan aplikasi multimedia berbasis desktop
untuk mendukung digitalisasi dan memberikan pengalaman yang lebih menarik
bagi pengunjung, dengan harapan dapat meningkatkan daya tarik museum dan
memperkuat perannya sebagai pusat pendidikan budaya. Objek penelitian ini
adalah aplikasi multimedia berbasis dektop dengan subjek penelitian, pengunjung
museum wayang. Penelitian ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia
Development Life Cycle (MDLC) Luther dan metode gabungan, kualitatif dan
kuantitatif dalam pengumpulan datanya. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi
multimedia berbasis desktop. Hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi ini
diterima dengan sangat baik. Dengan rincian: Aspek ketersediaan informasi
87.25%, aspek interaksi dan keterlibatan 89.25%, aspek kemudahan pengguna
83.75%, dan aspek kualitas konten dan presentasi 92.25%. Hal ini menegaskan
bahwa aplikasi ini memenuhi standar teknik dan materi, mudah digunakan,
memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, dan berhasil sebagai alat
informasi yang efektif untuk museum.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Khairunnisa Marasabessy
Date Deposited: 29 Aug 2024 09:26
Last Modified: 29 Aug 2024 09:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21077

Actions (login required)

View Item
View Item