IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL SUHU DAN KELEMBAPAN UDARA PADA KUBIKEL 20KV BERBASIS IOT

2103311083, Andhika Dwijaya Nasution (2024) IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL SUHU DAN KELEMBAPAN UDARA PADA KUBIKEL 20KV BERBASIS IOT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas, Bab 1 dan Bab 5] Text (Halaman identitas, Bab 1 dan Bab 5)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (951kB)
[thumbnail of Bab 2 s.d Bab 4] Text (Bab 2 s.d Bab 4)
Isi bab 2 s.d bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem kontrol suhu dan kelembapan udara pada kubikel 20kV berbasis Internet of Things (IoT). Dengan menggunakan sensor DHT22 untuk memantau suhu dan kelembapan secara real-time, yang kemudian dikendalikan melalui aplikasi Blynk. Data yang diperoleh melalui analisis kuantitatif dan analisis kualitatif digunakan untuk menilai kinerja dan mengevaluasi kerja sistem. Kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya korona dan penurunan kemampuan isolasi udara, yang berpotensi menyebabkan gangguan operasional dan kerugian material.
Secara kuantitatif, sistem dapat menjaga suhu kubikel pada 32-35°C dan kelembapan pada 50-60%, dengan akurasi pengukuran sensor sebesar 98%. Sistem menunjukkan respon cepat dengan jeda waktu rata-rata 1,2 detik antara kontrol on/off dan penyalaan heater.
Secara kualitatif, penerapan sistem ini memberikan kontribusi ,hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini memudahkan pemeliharaan kondisi lingkungan pada kubikel 20kV , sehingga mengurangi risiko kegagalan fungsi akibat cuaca ekstrem.Tambahan notifikasi pemberitahuan melalui aplikasi Blynk memberikan peringatan kepada operator atau pengguna, yang memungkinkan tindakan pencegahan diambil dengan segera.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem berbasis IoT untuk memantau suhu dan kelembapan pada kubikel 20kV efektif dan efisiensi dalam menjaga keselamatan operasional atau pengguna.

Kata kunci : IoT, Mikrokontroller, Monitoring, Blynk, Kubikel 20 kV

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Andhika Dwijaya Nasution
Date Deposited: 30 Aug 2024 09:03
Last Modified: 30 Aug 2024 09:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21075

Actions (login required)

View Item
View Item