PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI TREATMENT MASALAH DEPRESI PADA KESEHATAN MENTAL SISWA SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR

2007431051, Fauzan Fadhlur Rahman (2024) PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI TREATMENT MASALAH DEPRESI PADA KESEHATAN MENTAL SISWA SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB I dan BAB V] Text (BAB I dan BAB V)
BAB I dan BAB V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II dan BAB IV] Text (BAB II dan BAB IV)
BAB II dan BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal_Fauzan Fadhlur Rahman.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (203kB)

Abstrak

Masa remaja adalah masa kritis untuk meningkatkan kesehatan mental, karena lebih dari separuh masalah kesehatan mental dimulai pada tahap ini dan banyak yang menetap hingga dewasa. Berdasarkan hasil survey dari 67 siswa SMP Negeri 11 Kota Bogor, sekitar 53,31% dilaporkan mengalami depresi. Fakta ini menggarisbawahi perlunya alat bantu khusus bagi guru BK dalam mendeteksi dan menangani masalah kesehatan mental siswa. Dengan menggunakan virtual reality dapat menjadi cara treatment yang baik untuk mengatasi kesehatan mental siswa. Dengan menggunakan virtual reality dapat menjadi cara treatment yang baik untuk mengatasi masalah depresi siswa. Virtual reality dapat menggabungkan suasana visual dan latar musik yang dapat memberikan ketenangan untuk para siswa, sehingga dapat membantu para siswa untuk bisa bersantai dan mengendalikan emosi mereka. Pembuatan aplikasi akan dilakukan dengan menggunakan Unity dengan output dari aplikasi yang akan dibuat akan berupa .apk untuk android. Metode yang diterapkan dalam pembuatan Virtual Reality ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Berdasarkan hasil total perhitungan dari pengujian yang dilakukan terhadap 60 responden, didapatkan total indeks 78.05% (setuju) yang berarti aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu menangani masalah depresi siswa.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Fauzan Fadhlur Rahman
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:29
Last Modified: 29 Aug 2024 07:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21021

Actions (login required)

View Item
View Item