Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Bencana Tanah Longsor Berbasis Internet of Things Menggunakan Komunikasi Long Range (LoRa)

2103332082, Annisa Fitri Lestari (2024) Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Bencana Tanah Longsor Berbasis Internet of Things Menggunakan Komunikasi Long Range (LoRa). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi, Pembuka, Penutup dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi, Pembuka, Penutup dan Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
BAB 2 sd BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (256kB)

Abstrak

Bencana tanah longsor merupakan suatu perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng. Bencana tanah longsor merupakan bencana alam yang mengakibatkan kerugian materi dan korban jiwa. Untuk meminimalisir dampak dari bencana ini, diperlukan suatu sistem yang dapat memantau kondisi tanah secara real-time dan memberikan peringatan dini kepada Masyarakat sekitar yang tinggal di pemukiman rawan longsor. Aplikasi sistem ini dirancang untuk mengintegrasikan alat pendeteksi tanah longsor berbasis Internet of Things (IoT) dengan aplikasi Android. Sistem ini menggunakan Realtime Database sebagai media penyimpanan data hasil sensor, software Android Studio untuk membuat aplikasi Android, serta memanfaatkan komunikasi Long Range (LoRa) untuk mengirim hasil data dari sensor ke mikrokontroler. Aplikasi ini mampu menampilkan data kelembapan tanah, intensitas hujan, getaran, dan kondisi secara real-time. Ketika kondisi bahaya terdeteksi, sistem akan mengirimkan notifikasi dengan cepat dan akurat. Pengujian performansi aplikasi dengan mengukur Quality of Service (QoS) didapatkan nilai rata-rata throughput 5,760 KB/s, packet loss 0% dan delay sebesar 40,61 ms. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor dapat lebih waspada, sehingga dapat mengurangi risiko korban jiwa dan kerugian materi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Annisa Fitri Lestari
Date Deposited: 02 Sep 2024 00:11
Last Modified: 02 Sep 2024 00:11
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20935

Actions (login required)

View Item
View Item