PEMBUATAN GAME 2D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENGETAHUAN LEBAH TANPA SENGAT

2007431016, Rio Setiawan (2024) PEMBUATAN GAME 2D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENGETAHUAN LEBAH TANPA SENGAT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluandanPenutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of IsiBab2-Bab4] Text (IsiBab2-Bab4)
IsiBab2-Bab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
RIO_SETIAWAN_JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (418kB)

Abstrak

Lebah tanpa sengat (stingless bee) tidak hanya menghasilkan madu tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi lingkungan dan ekosistem sekitarnya. Urban Bee Teuweul Bogor, sebagai tempat pembudidayaan dan edukasi lebah tanpa sengat, memiliki program Edu Wisata yang saat ini masih menggunakan metode konvensional dan belum dilengkapi dengan media edukasi interaktif. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pendukung berupa media edukasi interaktif berbasis animasi 3D dan game 2D sebagai inovasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk membuat game 2D pada media edukasi interaktif guna memberikan pengetahuan tentang lebah tanpa sengat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Game 2D dibuat menggunakan software Unity dan hasil akhir berupa aplikasi dalam bentuk platform Windows (.exe) yang didistribusikan kepada Urban Bee Teuweul Bogor. Pengujian dilakukan melalui alpha testing menggunakan metode blackbox dan beta testing oleh ahli game 2D, pengelola Urban Bee, serta pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa 90% pengelola Urban Bee dan 93,8% pengguna sangat setuju bahwa game 2D pada media edukasi interaktif ini telah sesuai dan mampu memberikan pengetahuan lebah tanpa sengat serta sangat layak digunakan sebagai media edukasi interaktif untuk mendukung program Edu Wisata di Urban Bee Teuweul Bogor, khususnya bagi anak-anak SD.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email rio.setiawan.tik20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:19
Last Modified: 29 Aug 2024 06:19
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20924

Actions (login required)

View Item
View Item