PENGEMBANGAN WEBSITE PREDIKSI KUALITAS SINYAL PADA OPERATOR TELEKOMUNIKASI SELULER MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING

2003421018, Benedictus Briatore Ananta (2024) PENGEMBANGAN WEBSITE PREDIKSI KUALITAS SINYAL PADA OPERATOR TELEKOMUNIKASI SELULER MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING. D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II sd BAB  IV] Text (BAB II sd BAB IV)
ISI SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Perkembangan pesat teknologi telekomunikasi seluler mendorong kebutuhan akan jaringan yang lebih stabil dan dapat diandalkan. Tantangan utama yang dihadapi operator adalah mengidentifikasi dan mengatasi area dengan kualitas sinyal yang buruk, atau badspot. Penelitian ini mengembangkan model prediksi kualitas sinyal dengan menggunakan pendekatan clustering dan Random Forest Regressor. Model ini diuji melalui empat uji coba dengan hasil sebagai berikut: rata-rata Mean Absolute Error (MAE) sebesar 65.5257, Mean Square Error (MSE) sebesar 4710.8499, dan R-Squared sebesar -6.8333. Hasil ini menunjukkan tantangan dalam memprediksi kualitas sinyal yang dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal. Meskipun demikian, pendekatan ini memberikan wawasan yang berguna untuk pengembangan lebih lanjut dalam meningkatkan performa jaringan telekomunikasi. Sistem yang dikembangkan diharapkan dapat membantu operator telekomunikasi dalam melakukan identifikasi dan perbaikan area badspot dengan lebih efektif.

Kata Kunci : Badspot, Clustering, Prediksi Sinyal, Random Forest Regressor, Telekomunikasi Seluler

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Benedictus Briatore Ananta
Date Deposited: 04 Sep 2024 00:09
Last Modified: 04 Sep 2024 00:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20879

Actions (login required)

View Item
View Item