RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN KARYA DAN PENDETEKSI JUMLAH PENGUNJUNG PADA PAMERAN SENI BERBASIS APLIKASI ANDROID

2103332060, Kamilla Dara Ariana (2024) RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN KARYA DAN PENDETEKSI JUMLAH PENGUNJUNG PADA PAMERAN SENI BERBASIS APLIKASI ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Pameran seni rupa merupakan kegiatan yang memungkinkan perupa untuk menyampaikan ide dan gagasannya kepada publik melalui karya seni mereka. Sampai saat ini, minat masyarakat terhadap pameran seni meningkat. Hal ini menjadikan pengaturan terkait jumlah pengunjung dan keamanan karya perlu diperhatikan. Pameran akan berlangsung nyaman jika pengunjung tidak terlalu padat. Untuk mengatasi hal tersebut dibuat sebuah aplikasi android untuk reservasi pameran dengan slot terbatas agar tidak terjadi kepadatan pengunjung. Selain itu, penyelenggara pameran dapat menggunakan aplikasi untuk mengetahui jumlah pengunjung saat ini dan posisi karya seni. Reservasi pameran pada aplikasi android menghasilkan kode unik yang diubah ke dalam bentuk QR Code. Selain itu, aplikasi android menerima data dari firebase database untuk menampilkan lokasi karya secara realtime. Apabila karya hilang, maka pada aplikasi android secara otomatis dapat menampilkan lokasi terkini pada karya. Dalam aplikasi juga dapat menampilkan jumlah pengunjung yang sedang berada di dalam pameran, serta slot yang terisi pada tanggal dan sesi yang dipilih. Quality of Service dari pengiriman data kodular memiliki nilai throughput 484Kbps, packet loss 0% dan delay 13.6 ms. Kualitas jaringan seluler yang digunakan memiliki hasil RSRP dalam rentang -68 dBm hingga -85 dBm dan RSRQ yang berada dalam rentang bernilai -7 dB hingga -11 dB. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan pengelolaan pameran dapat lebih efektif, meningkatkan kenyamanan pengunjung, serta memastikan keamanan karya seni selama berlangsungnya pameran.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Kamilla Dara Ariana
Date Deposited: 02 Sep 2024 00:08
Last Modified: 02 Sep 2024 00:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20863

Actions (login required)

View Item
View Item