IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING CUACA BERBASIS INTERNET OF THINGS DENGAN METODE FUZZY TERINTEGRASI PADA APLIKASI MOBILE

2103433006, Muhammad Malik Amin (2024) IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING CUACA BERBASIS INTERNET OF THINGS DENGAN METODE FUZZY TERINTEGRASI PADA APLIKASI MOBILE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sd Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 sd Bab 4))
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf

Download (983kB)

Abstrak

Perubahan cuaca yang cepat dan ekstrem dapat menimbulkan risiko bencana dan kerugian material, sehingga diperlukan sistem pemantauan cuaca yang efektif untuk memitigasi dampak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat pemantauan cuaca berbasis Internet of Things (IoT) yang terintegrasi dengan sistem fuzzy logic untuk memberikan informasi akurat dan real-time kepada masyarakat. Sistem ini menggunakan mikrokontroler NodeMCU ESP8266 dan memanfaatkan sensor-sensor seperti anemometer, DHT11, dan raindrop untuk mengukur kecepatan angin, temperatur, kelembaban, dan deteksi hujan. Sistem ini memanfaatkan MQTT (Message Queuing Telemetry Transport) untuk mentransfer data antara sensor dan aplikasi mobile. Fuzzy logic digunakan untuk memprediksi kondisi cuaca berdasarkan data yang dikumpulkan, dengan metode fuzzy Mamdani sebagai pendekatan utama. Desain alat mencakup casing pelindung, komponen elektronik, dan antarmuka pengguna yang diintegrasikan dengan platform IoT melalui MQTT Panel. Hasil implementasi alat pemantau cuaca berbasis Internet of Things (IoT) dengan metode fuzzy yang digunakan untuk mengolah data sensor berdasarkan aturan – aturan fuzzy yang telah ditentukan dan terhubung secara langsung ke platform cloud melalui protokol MQTT memiliki keberhasilan dan keakuratan nilai perbandingan langsung mencapai 92%. Sistem yang dirancang telah menunjukkan keandalan dalam pemantauan cuaca dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya baterai yang fleksibel. Ini penting untuk memastikan operasional yang stabil dan berkelanjutan.
Kata kunci : fuzzy logic, internet of things, MQTT, sistem monitoring cuaca

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Muhammad Malik Amin
Date Deposited: 31 Aug 2024 07:20
Last Modified: 31 Aug 2024 07:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20804

Actions (login required)

View Item
View Item