RANCANG BANGUN WEBSITE ADMIN CHATBOT DAN VOICEBOT DI KEJAKSAAN AGUNG RI

2003421007, Muhammad Djapar (2024) RANCANG BANGUN WEBSITE ADMIN CHATBOT DAN VOICEBOT DI KEJAKSAAN AGUNG RI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Halaman identitas dokumen skripsi.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
BAB 2 s.d BAB 4 Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (398kB) | Request a copy

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini sudah mengubah cara interaksi antara manusia dengan mesin secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dalam penggunaan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pada pelayanan informasi terutama pada Kejaksaan Agung RI. Pelayanan informasi publik seputar kejaksaan saat ini masih menggunakan metode konvensional, yang mengakibatkan sebagian besar permohonan informasi tidak terlayani. Chatbot dan voicebot menjadi alat bantu AI yang sangat efektif dalam memberikan balasan informasi secara otomatis kepada para pemohon. Oleh karena itu, pembuatan website juga bermanfaat untuk memfasilitasi admin dalam manajemen data yang digunakan sebagai balasan otomatis atau untuk melihat hasil rekapan informasi. Website ini dibuat dengan menggunakan MySQL sebagai database, HTML, CSS, dan Javascript untuk antarmuka pada sisi frontend, dan node js untuk menjalankan local server dan sistem chatbot maupun voicebot yang berjalan pada sisi backend. Pengujian website admin menggunakan metode blackbox testing dengan 51 test case didapatkan persentase sebesar 100%, sehingga dikategorikan sangat layak, semua fitur-fitur yang ada pada website admin berjalan dengan lancar dan berfungsi dengan baik. Pengujian sistem chatbot dan voicebot menggunakan metode User Acceptance Testing atau (UAT) untuk aspek waktu respons didapatkan rata-rata waktu respons yang dibutuhkan sistem untuk merespons pesan masuk sebesar 2,27 detik, sehingga dikategorikan sebagai waktu respons yang baik. Kemudian, berdasarkan pengujian UAT untuk aspek penilaian pengguna didapatkan rata-rata penilaian sebesar 4,3 dari 5, sehingga dikategorikan sebagai penilaian yang baik. Serta untuk aspek akurasi jawaban mendapatkan hasil 96,60%, sehingga dapat dikategotikan sangat baik. Hasil ini membuktikan bahwa sistem balasan otomatis sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Kata Kunci Uncontrolled: Website Admin, Chatbot, Voicebot, Node Js
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Muhammad Djapar
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:16
Last Modified: 29 Aug 2024 07:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20791

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item