PENGARUH LITERASI PASAR MODAL, INKLUSI PASAR MODAL DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM GENERASI Z DI PASAR MODAL (STUDI KASUS PADA GENERASI Z USIA 20-26 TAHUN DI 2024)

2004421018, Khairiyah Damayanti (2024) PENGARUH LITERASI PASAR MODAL, INKLUSI PASAR MODAL DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM GENERASI Z DI PASAR MODAL (STUDI KASUS PADA GENERASI Z USIA 20-26 TAHUN DI 2024). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (841kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf

Download (222kB)

Abstrak

Tingginya minat investasi saham pada investor di Indonesia didominasi oleh Generasi Z. Hal tersebut dapat terjadi disebabkan pada banyak faktor seperti literasi pasar modal, inklusi pasar modal, dan persepsi risiko. Namun, Data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 menunjukkan terjadinya penurunan pada tingkat literasi pasar modal dan meningkatnya tingkat inklusi pasar modal. Adanya ketimpangan tersebut dapat menyebabkan pengambilan keputusan investasi saham yang salah. Kemudian, adanya perbedaan hasil penelitian terdahulu mengenai variabel persepsi risiko terhadap keputusan investasi saham generasi Z. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS 2.5. Data yang digunakan adalah data primer yang disebarkan secara online dan diperoleh 100 responden generasi Z yang berusia 20-26 tahun. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu literasi pasar modal tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi saham generasi Z di pasar modal. Sedangkan inklusi pasar modal, dan persepsi risiko memiliki pengaruh signifikan pada keputusan investasi saham generasi Z di pasar modal.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Khairiyah Damayanti
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:33
Last Modified: 06 Sep 2024 00:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20754

Actions (login required)

View Item
View Item