PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF 2D PADA MATERI PENGENALAN HEWAN SEBAGAI ALAT BANTU AJAR PADA TAMAN KANAK-KANAK RUMAH BERMAIN BINTANG

2007431010, Adinda Putri Larasati (2024) PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF 2D PADA MATERI PENGENALAN HEWAN SEBAGAI ALAT BANTU AJAR PADA TAMAN KANAK-KANAK RUMAH BERMAIN BINTANG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5))
Skripsi_Adinda Putri Larasati_Halaman Identitas.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
Skripsi_Adinda Putri Larasati_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Jurnal Jatilima_Adinda Putri Larasati_2007431010_TMD 8A.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (376kB) | Request a copy

Abstrak

TK Rumah Bermain Bintang masih menerapkan metode pembelajaran konvensional yang kurang memanfaatkan teknologi, sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang optimal, diperlukan adanya penerapan teknologi dalam pembelajaran, sehingga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dengan lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pengembangan game interaktif 2D pada materi pengenalan hewan sebagai alat bantu ajar bagi guru yang bertujuan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik kepada murid. Objek penelitian ini adalah game interaktif 2D pada materi pengenalan hewan sebagai alat bantu ajar dengan subjek penelitiannya adalah guru TK Rumah Bermain Bintang. Metode yang digunakan dalam pengembangan game ini adalah menggunakan Research and Development, dengan model pengembangan ADDIE, serta menggunakan kualitatif dan kuantitatif sebagai pengumpulan datanya. Hasil dari pengembangan ini adalah berupa Game Interaktif 2D. berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa game interaktif 2D diterima dengan sangat baik. Dengan perinciannya sebagai berikut: aspek penggunaan game 86.25%,, aspek visual interaktif 90%, aspek kurikulum 93.75%, aspek materi pengenalan hewan 95%, dan aspek efektifitas alat bantu ajar 91.25%. hal ini menunjukkan bahwa game interaktif 2D ini telah memenuhi standar untuk dijadikan alat bantu ajar yang mudah untuk digunakan, sesuai dengan kurikulum dan materi yang digunakan di TK, dan berhasil menjadi game interaktif 2D yang menarik dan efektif.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: STR Adinda Putri Larasati
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:04
Last Modified: 29 Aug 2024 03:04
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20746

Actions (login required)

View Item
View Item