Visualisasi Plant Boiler Pada Modul Latih Sensor Analog Berbasis SCADA dan HMI

2103311019, Atin Nurhayati (2024) Visualisasi Plant Boiler Pada Modul Latih Sensor Analog Berbasis SCADA dan HMI. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir & Pendahuluan (BAB I dan BAB V)] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir & Pendahuluan (BAB I dan BAB V))
Halaman Identitas TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI Tugas Akhir (BAB II - BAB IV)] Text (ISI Tugas Akhir (BAB II - BAB IV))
Isi TA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul latih sensor analog berbasis SCADA dan HMI guna memvisualisasikan plant boiler, yang terdiri dari tiga plant utama: suhu, level, dan motor DC dengan encoder. Modul ini dirancang untuk mendukung pembelajaran sistem kontrol menggunakan PLC SCADA dan HMI di lingkungan pendidikan, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pengoperasian peralatan otomasi. PLC Modicon TM221CE24R dipilih sebagai kontroler utama, diprogram menggunakan Machine Expert - Basic. HMI Weintek MT6070ip dan SCADA diprogram menggunakan Easy Builder 8000 dan Vijeo Citect untuk memantau dan mengontrol plant secara real-time. Hasil pengujian menunjukkan bahwa plant boiler yang dikembangkan berfungsi dengan baik, dengan kesalahan rata-rata pengukuran suhu sebesar 1,65% dan level sebesar 6,2%. Selain itu, sistem berhasil mengendalikan kecepatan motor DC dengan kesalahan pengukuran sebesar 0,4%. Integrasi komunikasi antara SCADA, HMI, dan PLC berjalan stabil, yang mendukung pengendalian plant secara efektif. Modul ini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis mahasiswa dalam mengoperasikan sistem SCADA dan HMI, tetapi juga memberikan pengalaman praktis dalam merancang, mengimplementasikan, dan menguji sistem pengendalian dan pemantauan berbasis teknologi otomasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Atin Nurhayati
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:57
Last Modified: 29 Aug 2024 06:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20737

Actions (login required)

View Item
View Item