RANCANG BANGUN ANTENA SLIM JIM DUALBAND VHF DAN UHF UNTUK SISTEM DIRECTION FINDER

2003421019, Nuril Khilyatil Jannah (2024) RANCANG BANGUN ANTENA SLIM JIM DUALBAND VHF DAN UHF UNTUK SISTEM DIRECTION FINDER. D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II sd BAB IV] Text (BAB II sd BAB IV)
ISI Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (805kB)

Abstrak

Perkembangan teknologi telekomunikasi berperan penting dalam kemajuan radar termasuk Direction Finder (DF) yang digunakan dalam lingkup militer. DF berfungsi untuk mengetahui sudut arah datangnya pemancar yang bekerja pada Very High Frequency (VHF) dan Ultra High Frequency (UHF) band, sehingga memerlukan antena dengan kinerja optimal pada kedua frekuensi tersebut. Penelitian ini merancang 5 unit identik antena Slim Jim dualband melalui metode simulasi menggunakan software CST Studio Suite 2019 dan dilanjutkan fabrikasi. Simulasi awal menghasilkan antena Slim Jim dasar dengan return loss -27.3 dB, VSWR 1.1, Gain 4.09 dBi, dan pola radiasi omnidirectional. Untuk mencapai kinerja dualband, antena dimodifikasi dengan penambahan cross arm, sehingga dapat beroperasi pada frekuensi VHF dan UHF. Hasil simulasi menunjukkan return loss -24 dB, VSWR 1.1, Gain 4.65 dBi, dan pola radiasi omnidirectional untuk VHF, return loss -21 dB, VSWR 1.2, Gain 4.854 dBi, dan pola radiasi omnidirectional pada frekuensi UHF. Setelah fabrikasi lima antena, hasil pengukuran menunjukkan antena memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan. Pengujian implementasi antena dalam sistem direction finder dilakukan dalam dua tahap yaitu monitoring dan pengujian akurasi arah. Hasil monitoring dalam jarak jangkauan 20 meter menunjukkan kualitas suara yang baik, sedangkan pengujian akurasi arah menghasilkan jarak maksimum akurasi dari pemancar yang bervariasi antara 197 hingga 615 meter dalam penggunaan boom DF yang berbeda. Berdasarkan hasil yang diperoleh, antena Slim Jim dualband terbukti memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan dan bekerja dengan baik dalam sistem direction finder.

Kata kunci : CST Studio Suite, Direction Finder, Slim Jim dualband antena.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Nuril Khilyatil Jannah
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:08
Last Modified: 30 Aug 2024 07:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20513

Actions (login required)

View Item
View Item