PEMBUATAN ASET ANIMASI 3D DAN GAME 2D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENGETAHUAN LEBAH TANPA SENGAT

2007431013, Agustin Galuh Hadiyanti (2024) PEMBUATAN ASET ANIMASI 3D DAN GAME 2D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENGETAHUAN LEBAH TANPA SENGAT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (BAB 1) dan Penutup (BAB 5))
Skripsi_Agustin Galuh Hadiyanti_Halaman Identitas.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, dan Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
Skripsi_Agustin Galuh Hadiyanti_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Jurnal Jatilima_Agustin Galuh Hadiyanti_2007431013_TMD 8A.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (423kB) | Request a copy

Abstrak

Lebah tanpa sengat (stingless bee) merupakan serangga polinator yang memiliki peran penting dalam penyerbukan lingkungan. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendiri Urban Bee Teuweul Bogor, pengetahuan tentang manfaat lebah tanpa sengat belum banyak dipahami, terutama perannya sebagai penyerbuk bagi lingkungan. Urban Bee Teuweul Bogor merupakan tempat pembudidayaan dan edukasi lebah tanpa sengat yang memiliki program edu wisata melalui kunjungan. Namun, program tersebut masih menggunakan metode konvensional dalam penyampaian informasi dan belum memiliki media edukasi interaktif menggunakan teknologi terkini. Sehingga, mengakibatkan keterbatasan dalam penyampaian pengetahuan mengenai lebah tanpa sengat. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pendukung berupa media edukasi interaktif berbasis animasi 3D dan game 2D sebagai inovasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aset animasi 3D dan game 2D pada media edukasi interaktif. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari penelitian ini berupa aset 3D dengan format file .blend dan aset 2D dengan format file .png. Berdasarkan hasil beta testing oleh pengelola Urban Bee Teuweul Bogor, pengguna, dan ahli dalam bidang 2D dan 3D, menyimpulkan bahwa aset animasi 3D dan game 2D yang dihasilkan sudah sesuai, menarik, dan sangat layak digunakan pada media edukasi interaktif untuk mendukung Program Edu Wisata di Urban Bee Teuweul Bogor, khususnya bagi anak-anak tingkat Sekolah Dasar.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Kata Kunci Uncontrolled: Lebah tanpa sengat, Aset 2D dan 3D, Media Edukasi Interaktif, Urban Bee Teuweul Bogor, MDLC
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Agustin Galuh Hadiyanti
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:20
Last Modified: 28 Aug 2024 02:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20356

Actions (login required)

View Item
View Item