PEMBUATAN ANIMASI 3D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENGETAHUAN LEBAH TANPA SENGAT

2007431018, Brigita Pricilia Ariyanto Putri (2024) PEMBUATAN ANIMASI 3D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENGETAHUAN LEBAH TANPA SENGAT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5), Daftar Pustaka, Lampiran] Text (Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5), Daftar Pustaka, Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi_Brigita Pricilia Ariyanto Putri.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2, Bab 3, dan Bab 4] Text (Isi Bab 2, Bab 3, dan Bab 4)
Bab 2 sd Bab 4_Brigita Pricilia Ariyanto Putri.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal_Brigita Pricilia Ariyanto Putri.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (604kB)

Abstrak

Masih banyak yang belum memahami tentang lebah tanpa sengat dan manfaatnya terhadap lingkungan. Lebah tanpa sengat tidak hanya sebagai penghasil madu, tetapi berperan penting sebagai penyerbuk bagi lingkungan. Urban Bee Teuwel Bogor merupakan salah satu tempat pembudidaya lebah tanpa sengat yang memiliki program edukasi yaitu Edu Wisata. Dalam penyampaian informasi di program edukasi yang dijalankan oleh Urban Bee Teuweul Bogor kepada pengunjung masih menggunakan metode konvensional dan belum memiliki teknologi terbaru seperti media edukasi interaktif. Akibatnya, terjadi keterbatasan dalam penyampaian informasi mengenai lebah tanpa sengat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan media edukasi interaktif berbasis animasi 3D dan game 2D. Penelitian ini bertujuan untuk membuat animasi 3D pada media edukasi interaktif untuk pengetahuan lebah tanpa sengat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan anak-anak khususnya tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) serta dapat mendukung program edukasi yang dijalankan oleh Urban Bee Teuweul. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil penelitian ini berupa video animasi 3D berdurasi 6 menit 7 detik dengan format MP4 yang didistribusikan ke dalam media edukasi interaktif. Berdasarkan beta testing oleh ahli (expert) di bidang animasi 3D didapatkan hasil bahwa video animasi 3D yang dihasilkan sudah layak untuk digunakan pada media edukasi interaktif tentang pengetahuan lebah tanpa sengat. Dan hasil beta testing oleh pengelola Urban Bee Teuweul didapatkan skor rata-rata 92,8% serta pengguna yaitu anak SD 92,2% dengan kriteria sangat setuju bahwa animasi 3D layak untuk digunakan pada media edukasi interaktif tentang penngetahuan lebah tanpa sengat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email brigita.priciliaariyantoputri.tik20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:18
Last Modified: 28 Aug 2024 02:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20318

Actions (login required)

View Item
View Item