Pengaruh Pengetahuan Investasi, Perspektif Investasi dan Financial Management Behavior terhadap Keputusan Generasi Z untuk Berinvestasi pada Reksadana Syariah

2004411015, Alinda Saskia Yugisthalia (2024) Pengaruh Pengetahuan Investasi, Perspektif Investasi dan Financial Management Behavior terhadap Keputusan Generasi Z untuk Berinvestasi pada Reksadana Syariah. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi_Alinda Saskia Yugisthalia_2004411015.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d 4] Text (Bab 2 s/d 4)
Isi Skripsi_Alinda Saskia Yugisthalia_2004411015.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Artikel Jurnal_Alinda Saskia Yugisthalia_2004411015.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (341kB)

Abstrak

Perkembangan investasi pada generasi kini semakin meningkat terbukti sebanyak 80% jumlah investor pasar modal di Indonesia didominasi oleh generasi Z. Namun, belum sepenuhnya meningkat karena adanya gap antara literasi keuangan syariah dan inklusi keuangan syariah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pengetahuan investasi, perspektif investasi dan financial management behavior terhadap keputusan generasi Z untuk berinvestasi pada reksadana syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini berdasarkan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang dikumpulkan secara online. Populasi penelitian ini terdiri dari generasi Z yang berinvestasi dan sampel diperoleh dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SMART PLS 3.3. Hasil penelitian ini memberikan bahwa pengetahuan dan perspektif dalam investasi tidak berpengaruh terhadap keputusan generasi Z untuk berinvestasi pada reksadana syariah. Hasil lainnya membuktikan bahwa perilaku mengelola keuangan memiliki pengaruh terhadap keputusan generasi Z untuk berinvestasi pada reksadana syariah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi tambahan bagi calon investor dalam mengambil keputusan berinvestasi pada reksadana syariah dan perusahaan sekuritas agar dapat membuat layanan dan edukasi lebih baik kedepannya untuk para calon investor.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Alinda Saskia Yugisthalia
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:15
Last Modified: 03 Sep 2024 04:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20261

Actions (login required)

View Item
View Item