PENERAPAN NILAI BERITA SIGNIFICANCE DAN PROMINENCE PADA KANAL BEAUTY DI POPBELA.COM PERIODE MARET 2024

2106321054, Mila Fitri Chairunisa (2024) PENERAPAN NILAI BERITA SIGNIFICANCE DAN PROMINENCE PADA KANAL BEAUTY DI POPBELA.COM PERIODE MARET 2024. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas_Mila Fitri Chairunisa.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab II dan IV] Text (Isi Bab II dan IV)
Halaman Isi_Mila Fitri Chairunisa.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai berita significance dan prominence pada kanal beauty di Popbela.com pada periode Maret 2024. Nilai berita significance dan prominence memiliki peran penting dalam menentukan relevansi dan ketertarikan konten yang disajikan kepada pembaca. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisis terhadap berita beauty yang dipublikasikan pada bulan Maret 2024, guna mengetahui bagaimana kedua nilai berita tersebut diterapkan oleh redaksi dalam pembuatan berita.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis berita dengan deskriptif. Data yang dianalisis berupa artikel yang dipublikasikan di kanal beauty pada Popbela.com selama periode Maret 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai berita significance lebih dominan diterapkan dalam berita yang berkaitan dengan tren kecantikan terbaru dan produk yang memiliki dampak luas pada pembaca. Sementara itu, nilai prominence cenderung lebih banyak diterapkan pada artikel yang menyoroti figur publik atau influencer yang memiliki pengaruh besar di industri kecantikan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa kanal beauty di Popbela.com berhasil menerapkan kedua nilai berita tersebut secara efektif dalam menarik minat audiens, terutama melalui strategi konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi pembaca. Rekomendasi diberikan untuk pengembangan lebih lanjut, terutama dalam peningkatan penggunaan visual dan interaktivitas konten guna memperkuat daya tarik berita.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 080 Kumpulan karya umum > 080 Kumpulan karya umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: A.Md Mila Fitri Chairunisa
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:42
Last Modified: 28 Aug 2024 04:42
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20208

Actions (login required)

View Item
View Item