Prototype Smart Conveyor Pemilah Filling Automation Berbasis ESP 32

Frans Rajagukguk, Risky (2024) Prototype Smart Conveyor Pemilah Filling Automation Berbasis ESP 32. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI] Text (ISI)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (655kB)

Abstrak

Sistem Smart Conveyor Pemilah Filling Automation yang mengintegrasikan Node RED dengan mikrokontroler ESP32. Sistem ini dirancang untuk mendeteksi dan menghitung jumlah produk pada dua jalur produksi menggunakan sensor proximity, dengan data yang ditampilkan secara real-time di dashboard Node RED. Pengujian dilakukan untuk memastikan akurasi deteksi produk dan kecepatan respons sistem. Hasilnya menunjukkan bahwa sensor proximity berhasil mendeteksi produk pada kedua jalur dengan tingkat kesalahan deteksi sebesar 30 persen yaitu terjadi kesalahan sebanyak enam dari dua puluh percobaan, yang sebagian besar disebabkan oleh deteksi ganda dan kesalahan jalur akibat posisi botol yang tidak ideal. Meskipun demikian, dashboard Node RED mampu menampilkan data produksi secara konsisten dan akurat, sehingga memungkinkan pemantauan dan evaluasi performa sistem secara efektif. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa sistem dapat diandalkan untuk aplikasi industri, meskipun perlu adanya perbaikan lebih lanjut untuk mengurangi kesalahan deteksi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Risky Frans Rajagukguk
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:05
Last Modified: 29 Aug 2024 01:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19998

Actions (login required)

View Item
View Item