Pembuatan Animasi 2D dalam Multimedia Interaktif Pada Materi Bea dan Cukai Untuk Siswa SMA

2007431012, Rivansa Rifky Ariq (2024) Pembuatan Animasi 2D dalam Multimedia Interaktif Pada Materi Bea dan Cukai Untuk Siswa SMA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Halaman Identitas, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II - BAB IV] Text (BAB II - BAB IV)
BAB II - BAB IV_.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal Rivansa R Ariq] Text (Jurnal Rivansa R Ariq)
Rivansa R Ariq_JURNAL_FINAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (674kB)

Abstrak

Pendidikan perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi di era digital. Metode konvensional membuat siswa kurang tertarik, sehingga diperlukan pendekatan baru yang lebih menarik. Teknologi informasi dan komunikasi menawarkan solusi untuk pembelajaran yang lebih dinamis. Animasi 2D menjadi pilihan efektif untuk menyampaikan materi Bea dan Cukai, membantu siswa memahami konsep yang kompleks dalam perekonomian Indonesia. Dengan visual dan audio yang menarik, animasi 2D diharapkan siswa menjadi lebih fokus dan paham terhadap materi yang diajarkan. Perancangan animasi 2D ini menggunakan metode MDLC. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil dari perancangan ini adalah empat video animasi berdasarkan empat materi mengenai Bea dan Cukai. Pengujian alpha dilakukan oleh pengembang animasi 2D dan pengujian beta dilakukan kepada ahli materi, ahli media, dan siswa SMA. Video animasi 2D mendapat tanggapan dari ahli materi yaitu guru sebesar 82,6% dan pihak Bea dan Cukai sebesar 96,36%, yang menunjukkan bahwa video animasi 2D sangat layak digunakan. Di samping itu, dari ahli media mendapat nilai sebesar 76.88% dan dari siswa SMA sebesar 77.6% yang menunjukkan bahwa video animasi 2D ini layak digunakan. Hasil menunjukkan bahwa animasi 2D efektif dalam menyampaikan pembelajaran secara menarik dan menyenangkan, dengan mayoritas responden memberikan penilaian positif terhadap visual, audio, dan grafis.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Rivansa Ariq
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:39
Last Modified: 27 Aug 2024 02:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19996

Actions (login required)

View Item
View Item