SISTEM MONITORING KINERJA PLTS PADA RUMAH PINTAR HEMAR ENERGI BERBASIS MIKROKONTROLER

2003411022, Bharata Sena Indra Permana (2024) SISTEM MONITORING KINERJA PLTS PADA RUMAH PINTAR HEMAR ENERGI BERBASIS MIKROKONTROLER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Bharata Sena Indra Permana Laporan TA (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Bharata Sena Indra Permana Laporan TA-16-57.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Jurnal Bharata Sena Indra Permana.pdf

Download (323kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem monitoring kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berbasis mikrokontroler untuk rumah pintar hemat energi. Masalah yang dihadapi adalah kebutuhan akan sistem yang dapat memantau dan menjaga kinerja optimal PLTS, terutama dalam kondisi operasional yang dinamis. Metode penelitian yang digunakan meliputi desain, implementasi sistem monitoring berbasis ESP32, yang memanfaatkan sensor untuk mengukur intensitas cahaya, suhu, kelembapan, dan daya yang dihasilkan oleh solar charge controller secara real-time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan berhasil memantau kinerja PLTS dengan akurasi error pembacaan suhu 1%, kelembapan rata-rata error pembacaan 1,8%, dan intensitas cahaya error pembacaan rata-rata 2,2% dibandingkan alat ukur standar. Sistem ini juga mampu menyuplai energi ke rumah pintar hemat energi serta mengisi baterai dengan daya keluaran paling besar 27,2 Wh dengan kapasitas solar panel 50 Wp dan dimensi 40 x 62,5 cm, dengan penghematan biaya operasional dibandingkan sumber energi konvensional. Selain itu, sistem ini mendukung transisi ke energi terbarukan yang lebih berkelanjutan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: Bharata Sena Indra Permana
Date Deposited: 28 Aug 2024 00:35
Last Modified: 28 Aug 2024 00:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19979

Actions (login required)

View Item
View Item