PEMBUATAN ASET PADA EDUGAME 3D BERBASIS KINECT UNTUK MAHASISWA WNBK DI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

2007431017, Ghazi Mifzal Aufa (2024) PEMBUATAN ASET PADA EDUGAME 3D BERBASIS KINECT UNTUK MAHASISWA WNBK DI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab I) dan Penutup (Bab V)] Text (Halaman Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab I) dan Penutup (Bab V))
Skripsi_Ghazi Mifzal Aufa_Halaman Identitas_Isi BAB I dan BAB V.pdf

Download (14MB)
[thumbnail of Isi (BAB II - BAB IV)] Text (Isi (BAB II - BAB IV))
Skripsi_Ghazi Mifzal Aufa_Isi BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal Multinetics)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal Multinetics))
Jurnal Mutinetics_Ghazi Mifzal Aufa_2007431017_TMD 8A.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Keterbatasan fokus dan konsentrasi dengan gerak motorik pada mahasiswa WNBK sering menjadi tantangan signifikan dalam pengembangan keterampilan sosial dan kehidupan sehari - hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sebuah aset game 3D Sporty Minds dalam membantu mahasiswa semester 2 pada EduGame dengan mata kuliah desain grafis sebagai proses belajar mengajar dalam melatih fokus dan konsentrasi dengan penggunaan game pada teknologi kinect sensor sebagai alat bantu pengembangan gerak motorik dan pembelajaran edukatif dikhususkan pada mahasiswa WNBK PNJ. Penggunaan game ini memungkinkan interaksi tanpa kontak fisik langsung pada sebuah alat, yang dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa wnbk dalam sesi permainan. Penerapan metode yang digunakan adalah mix methods berupa kualitatif, meliputi studi literatur, wawancara, observasi dan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada angkatan mahasiswa semester 2 berjumlah 19 responden. Tahapan penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Evaluasi awal menunjukkan potensi permainan ini dalam meningkatkan kemampuan gerak motorik dasar serta tingkat keterlibatan mahasiswa wnbk selama permainan berlangsung. Hasil yang di dapat pada penelitian ini adalah pembuatan aset 3D game berupa 3D karakter, 3D environment, user interface dan aset pendukung backsound, sound effect dan cutscene. Melalui pembuatan aset game 3D “Sporty Minds” berbasis kinect diharapkan pada pembuatan aset 3D yang dilakukan dapat di implementasikan dengan baik sebagai penunjang pembuatan game 3D untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi dengan gerak motorik pada mahasiswa WNBK sebagai EduGame pada mata kuliah desain grafis di Politeknik Negeri Jakarta.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Ghazi Mifzal Aufa
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:37
Last Modified: 27 Aug 2024 02:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19964

Actions (login required)

View Item
View Item