DESAIN SISTEM MONITORING KELISTRIKAN PLTPH BERBASIS IoT

2103311089, Happy Primadana Ramadhan (2024) DESAIN SISTEM MONITORING KELISTRIKAN PLTPH BERBASIS IoT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN] Text (Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN)
Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II-BABIV] Text (BAB II-BABIV)
BAB II-BABIV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem monitoring arus, tegangan, dan keamanan pada trainer kit Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro (PLTPh) menggunakan teknologi Internet of Things (IoT). Sistem ini dirancang untuk memantau besaran listrik secara real-time dan memastikan keamanan dari gangguan. Alat monitoring ini menggunakan sensor PZEM 004T untuk mengukur arus dan tegangan AC, serta sensor IR Proximity untuk mengukur kecepatan putaran RPM. MPPT untuk pembacaan arus listrik DC. Power Supply untuk menyuplai ESP32. LCD untuk menampilkan hasil pembacaan ESP32. Data sensor diterima oleh ESP32 dan dikirim ke MQTT untuk diproses dan ditampilkan di dashboard Node-RED dan Google Sheet. Pengujian dilakukan dengan 2 cara percobaan, yaitu pengujian tidak bertegangan (commissioning) dan pengujian desain antarmuka sistem monitoring. Hasil pengujian tidak bertegangan menunjukan bahwa setiap komponen yang digunakan sudah terhubung dengan baik, dengan melakukan commissioning terhadap semua komponen sistem monitoring. Kemudian pengujian selanjutnya yaitu pengujian desain antarmuka sistem monitoring, dengan hasil pembacaan dashboard Node-RED pada parameter putaran turbin saat pengujian sebesar 540 RPM, tegangan yang dihasilkan oleh generator pada saat pengujian sebesar 15,9V, tegangan pada baterai sebesar 12,9 V, arus charging dan daya charging yang dihasilkan oleh generator pada saat pengujian didapat sebesar 0,1 A dan 1,6 W. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam memantau kinerja dari trainer kit PLTPH, serta memungkinkan pengguna untuk memantau data secara remote dan real time.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Happy Primadana Ramadhan
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:45
Last Modified: 28 Aug 2024 04:45
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19939

Actions (login required)

View Item
View Item