Rancang Bangun Sistem Pengendalian Motor Induksi 3 Phase Berbasis Internet Of Things (IOT)

2103311041, Muhammad Ridho Alfikir (2024) Rancang Bangun Sistem Pengendalian Motor Induksi 3 Phase Berbasis Internet Of Things (IOT). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 dan Bab 4] Text (Isi Bab 2 dan Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem kendali motor AC 3 fasa yang terintegrasi dengan Variable Frequency Drive (VFD) dan teknologi Internet of Things (IoT). Penggabungan VFD dan IoT memungkinkan pengendalian kecepatan motor secara presisi dan pemantauan kondisi motor secara real-time dari jarak jauh. Melalui integrasi sensor, data seperti suhu, vibrasi, dan arus listrik dikumpulkan dan dianalisis untuk mendeteksi potensi kerusakan dini. Dengan demikian, tindakan pemeliharaan preventif dapat dilakukan secara efektif, sehingga meningkatkan keandalan dan umur pakai motor. Selain itu, penggunaan VFD memungkinkan optimalisasi konsumsi energi dengan menyesuaikan kecepatan motor sesuai dengan beban kerja. Fleksibilitas sistem ini juga memungkinkan pengendalian dan pemantauan dari berbagai perangkat yang terhubung internet, sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas industri..

Kata Kunci: Sistem kendali motor AC 3 fasa, Variable Frequency Drive (VFD), Internet of Things (IoT), Pengendalian kecepatan motor, Pemeliharaan preventif.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Muhammad Ridho Alfikri
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:07
Last Modified: 13 Sep 2024 07:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19889

Actions (login required)

View Item
View Item