PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 3D DALAM MEDIA INTERAKTIF UNTUK MUSEUM LAYANG-LAYANG INDONESIA

2007431047, Faisal Nurdin (2024) PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 3D DALAM MEDIA INTERAKTIF UNTUK MUSEUM LAYANG-LAYANG INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Indentitas Skripsi] Text (Halaman Indentitas Skripsi)
Faisal Nurdin Bab1 Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of isi] Text (isi)
Faisal Nurdin Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Jurnal_Multinetics_Faisal_Nurdin_2007431047_TMD_8B.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (717kB)

Abstrak

Museum Layang-Layang Indonesia, terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan, memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata edukasi berkat koleksi layang-layang tradisional dari Indonesia dan mancanegara. Namun, media informasi yang digunakan saat ini kurang menarik, terutama bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan mengembangkan video animasi 3D sebagai media informasi interaktif di museum tersebut. Jumlah pengunjung bervariasi setiap tahun; pada 2019 terdapat 20.122 pengunjung, tetapi turun drastis 76,1 persen menjadi 4.813 pada 2020, dan menurun 36,persen menjadi 3.050 pada 2021. Pada 2022, jumlah pengunjung meningkat 245,2 persen menjadi 10.532, dan bertambah 18,6 persen menjadi 12.495 pada 2023. Namun, hingga 2024, jumlahnya turun 93,6 persen menjadi 798. Penelitian ini mengikuti Metode Pengembangan Multimedia (MDLC) yang mencakup konsep, desain, pengumpulan materi, produksi, pengujian, dan distribusi. Animasi 3D dibuat menggunakan Blender, sedangkan voice-over dan penggabungan video menggunakan perangkat lunak rekam suara dan pengeditan video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi 3D efektif meningkatkan interaksi dan pemahaman pengunjung tentang museum, khususnya teknik pembuatan layang-layang, sehingga berpotensi menarik minat lebih banyak pengunjung. Dengan demikian, media ini dapat menjadi alat efektif untuk pendidikan budaya dan pelestarian di museum.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Faisal Nurdin
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:31
Last Modified: 27 Aug 2024 02:31
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19855

Actions (login required)

View Item
View Item